PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Beroperasi untuk Lebaran 2023, Kementerian PUPR yang Bilang, Tolong Disimak

PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Beroperasi untuk Lebaran 2023, Kementerian PUPR yang Bilang, Tolong Disimak

Pekerjaan Tol Cisumdawu di Seksi 4 Cimalaka, akses jalan tol ini ditargetkan dapat digunakan untuk mudik dan arus balik Lebaran 2023.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), memastikan bahwa Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuana atau Cisumdawu akan beroperasi untuk Lebaran 2023.

Selain Tol Cisumdawu, akses jalan bebas hambatan lain yang beroperasi adalah Jakarta Cikampek II Selatan Kutanegara - Sadang, Purwakarta.

Hal itu, diungkapkan Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian. Menurutnya, Tol Cisumdawu diharapkan dapat beroperasi penuh dari seksi 1 sampai dengan 6.

"Cisumdawu kami harapkan lebaran tahun ini seluruh ruasnya dapat beroperasi penuh," kata Hedy Rahian, seperti dilansir dari Antara, Jumat, 10, Februari 2023.

BACA JUGA:KOMITMEN Jusuf Hamka untuk Tol Cisumdawu, Bangun Rest Area Terbaik, Pikirkan Nasib Pedagang Cadas Pangeran

Tidak hanya itu, Dirjen Bina Marga juga memasang target bahwa Tol Japek II Selatan juga dapat beroperasi secara operasional untuk Lebaran 2023.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa Tol Cisumdawu diharapkan dapat seluruhnya tersambung pada akhir Februari atau awal Maret 2023.

Dia menginginkan jalan tol terindah di Indonesia tersebut dapat terhubung dari Bandung ke Majalengka dengan rute sepanjang 62 kilometer.

Penyelesaian Tol Cisumdawu merupakan prioritas, karena dapat menunjang aktivitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:MANTAP! Jusuf Hamka ke Sumedang, Janji Tol Cisumdawu Sebelum Lebaran Selesai

Tidak hanya itu, keberadaan akses tol yang menghubungkan Bandung dengan Majalengka, juga dapat mempercepat akses transportasi masyarakat.

Yang lebih penting adalah meningkatkan perekonomian untuk wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Seperti diketahui, saat ini untuk Tol Cisumdawu tersisa pekerjaan di Seksi 4 dan 5 yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka dan Conggeang.

Di dua seksi ini, tersisa pekerjaan main road, dan jembatan yang sangat vital untuk menghubungkan ke Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: