BENARKAH TOL CISUMDAWU Selesai Februari 2023, Kenyataannya di Tempat Ini Jalan Masih Tanah

BENARKAH TOL CISUMDAWU Selesai Februari 2023, Kenyataannya di Tempat Ini Jalan Masih Tanah

Target pembangunan Tol Cisumdawu selesai Februari 2023 diragukan karena Seksi 5A dan Seksi 5B di Conggeang masih jauh dari selesai termasuk Jembatan Kedondong.-Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Benarkah Tol Cisumdawu akan selesai pada akhir Februari 2023 seperti yang ditargetkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono?

Sebab di lokasi, masih ada yang main road masih berupa tanah dan belum dibangun struktur sehingga meragukan target Tol Cisumdawu selesai pada Februari 2023 bakal tercapai.

Lokasi yang dimaksud adalah Seksi 5A Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang terhubung dengan Seksi 4B dan Seksi 5B.

Terlihat dari visualisasi Apri Subroto di lokasi, pembangunan Seksi 5A Conggeang masih jauh dari kata selesai dan progres terakhir yang disebutkan berkisar antara 60 sampai dengan 70 pesen.

BACA JUGA:WOW KEREN! Bakal Ada 30 Hotel di Rest Area Tol Trans Jawa, Tol Cipali Juga, Swiss-Belexpress Sudah Siap

Pasalnya, di wilayah Desa Conggeang Kulon akses main road masih berupa tanah dan sedang diratakan untuk struktur jalan yang terhubung ke Jembatan Conggeang juga Underpass Jalan Utama Pasen dan Underpass Jalan Utama Conggeang Buah Dua.

Di Jembatan Conggeang yang berdekatan dengan titik akhir Seksi 5A ke 5B, bahkan belum terpasang. Beberapa struktur juga masih dilakukan pengecoran.

Padahal, jembatan ini sangat vital dan memiliki panjang sampai dengan 636 meter membentang di atas tebing.

Tanpa Seksi 5A dan Jembatan Conggeang, tetap saja Tol Cisumdawu tidak akan terhubung 100 persen pada akhir Februari 2023.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beres, BIJB Kertajati Malah Dijual, Investor India Cek TKP, Penjelasan Manajemen, Oh Ternyata

Sementara di Seksi 5B yang terdapat Jembatan Kedondong juga masih berupa struktur dan saat ini sedang pemasangan balok girder.

Jembatan Kedondong merupakan yang terpanjang di Tol Cisumdawu yakni sepanjang 743,5 meter. Di sekitar jembatan tersebut, main road juga belum terbangun.

Meski demikian, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI menyatakan optimismenya bahwa Bandung ke Majalengka akan terhubung pada akhir Februari.

Padahal, dari pelaksana atau pengelola baru menyatakan kesiapannya untuk selesai pada Maret 2023 atau satu bulan setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: