Penyakit Kardiovaskular Salah Satu Penyabab Utama Kematian : Ini Penyebab, Pencegahan, dan Penanganannya

Penyakit Kardiovaskular Salah Satu Penyabab Utama Kematian : Ini Penyebab, Pencegahan, dan Penanganannya

Penyakit Kardiovaskular Salah Satu Penyabab Utama Kematian : Ini Penyebab, Pencegahan, dan Penanganannya-pinterest - tangkapan layar -Radarmajalengka

RADARMAJALENGKA.COM - Penyakit kardiovaskular (PKV) adalah sekelompok gangguan yang melibatkan jantung dan pembuluh darah

Penyakit ini menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Memahami penyebab, pencegahan, dan penanganan penyakit kardiovaskular sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko kematian dini. 

Artikel ini akan membahas berbagai aspek terkait penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA: Merasa Sering Marah-Marah? Ini 5+ Cara Mengendalikan Emosi Agar Tidak Gampang Marah

 Jenis-Jenis Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular mencakup berbagai kondisi, antara lain:

1. Penyakit Jantung Koroner (PJK): Terjadi ketika arteri koroner yang memasok darah ke jantung menjadi tersumbat oleh plak. Plak terbentuk dari kolesterol dan zat lain di dalam darah.

2. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi): Tekanan darah yang terus-menerus tinggi dapat merusak arteri dan jantung, meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

3. Gagal Jantung: Jantung tidak dapat memompa darah dengan efektif ke seluruh tubuh, menyebabkan gejala seperti sesak napas dan kelelahan.

4. Stroke: Terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu, baik oleh penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

5. Aritmia: Irama jantung yang tidak normal, yang bisa berupa detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.

BACA JUGA:Menilik Manfaat Madu Dalam Dunia Kesehatan dan Kecantikan Serta Cara Penggunaanya

 Penyebab Penyakit Kardiovaskular

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: