Jerawat di Pipi: Penyebab, Perawatan, dan Pencegahannya

Jerawat di Pipi: Penyebab, Perawatan, dan Pencegahannya

Jerawat di Pipi: Penyebab, Perawatan, dan Pencegahannya-Freepik - tangkapan layar pinterest-Radarmajalengka

RADARMAJALENGKA.COM - Memiliki jerawat adalah masalah mendasar dari sebuah perubahan hormon seseorang, salah satu yang paling mencolok adalah keberadaan jerawat di pipi. 

Jerawat di pipi adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang, terutama remaja dan dewasa muda. 

Jerawat di area ini bisa sangat mengganggu penampilan dan seringkali menimbulkan rasa tidak percaya diri. 

Memahami penyebab, cara perawatan, dan langkah pencegahannya dapat membantu mengatasi dan mencegah jerawat di pipi secara efektif.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Viva Acne Lotion: Solusi Efektif untuk Masalah Jerawat

Penyebab Jerawat di Pipi

1. Kebersihan yang Tidak Optimal

   Kebersihan wajah yang kurang terjaga dapat menyebabkan penumpukan kotoran, minyak, dan sel kulit mati di pori-pori, yang akhirnya menyebabkan jerawat. Pipi sering kali bersentuhan dengan tangan, telepon, atau bantal, yang bisa menjadi sumber kuman dan bakteri.

2. Pengaruh Hormon

   Perubahan hormon, terutama selama masa pubertas, menstruasi, atau kehamilan, dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit. Hormon androgen meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

3. Faktor Genetik

   Jika anggota keluarga Anda memiliki riwayat jerawat, Anda juga mungkin lebih rentan mengalami jerawat. Faktor genetik memainkan peran penting dalam kondisi kulit seseorang.

4. Penggunaan Produk Kosmetik

   Produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau mengandung bahan-bahan komedogenik dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Pastikan untuk memilih produk non-komedogenik dan bebas minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: