Anda Memiliki Leher Bergaris? Ini Dia Penyebabnya

Anda Memiliki Leher Bergaris? Ini Dia Penyebabnya

Penyebab garis dileher -Kompas Health -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Leher bergaris merupakan salah satu bentuk kerutan yang muncul di leher. Kondisi ini lumrah dialami oleh siapa saja dan memiliki kesamaan dengan garis kerutan yang muncul di mulut, mata, tangan, dan dahi. Kemunculan garis di leher menjadi salah satu tanda penuaan yang sering kali mengganggu penampilan. Namun, Leher bergaris ternyata bisa diatasi sejak awal dengan melakukan pola hidup yang sehat dan perawatan kulit secara rutin. Setidaknya beberapa penyebab munculnya Leher bergaris. Berikut ini adalah penjelasannya:

BACA JUGA:Ini Dia Beberapa Manfaat Masker Teh Hijau Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Kulit

1. Genetik

Leher bergaris juga dapat disebabkan oleh faktor genetik atau turunan dari orang tua. Faktor genetik ini mempengaruhi jumlah produksi kolagen dan serat protein yang elastis pada kulit. Selain itu, faktor genetik juga memengaruhi cara tubuh merespon peradangan. Peradangan yang parah akan mempercepat proses penuaan dan munculnya leher bergaris.

2. Usia

Leher bergaris dapat disebabkan oleh usia yang mulai menua. Makin bertambah usia, makin berkurang tingkat kelenturan dan kelembaban kulit. Hal itu diikuti dengan berkurangnya kolagen dan lemak yang ada pada lapisan terdalam kulit. Proses ini kemudian memunculkan garis di sekitar leher dan keriput.

3. Gerakan berulang

Melakukan gerakan secara berulang juga dapat menjadi penyebab munculnya leher bergaris. Sering menekuk leher atau memiringkan kepala ke kanan atau ke kiri secara berulang akan menimbulkan garis di leher.

BACA JUGA:Tidak Hanya Lezat Dimakan Rajungan Memiliki Banyak Manfaat Berikut Deretan Manfaatnya

4. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berlebihan dan secara langsung akan menyebabkan pemecahan kolagen dan serat protein elastis di lapisan kulit. Hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kehilangan kelenturannya.

BACA JUGA:Istimewanya Hari Jumat, Mari Berlomba-Lomba Melakukan Amalan ini Untuk Mendapat Pahala dan Keutamaannya

5. Paparan asap polusi dan asap rokok

Selain karena faktor usia dan paparan sinar matahari, leher bergaris juga dapat disebabkan oleh paparan asap polusi dan asap rokok. Asap-asap ini akan menyebabkan proses munculnya leher bergaris lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena asap polusi dan asap rokok memperlambat pertumbuhan kolagen baru di kulit. Demikian beberapa penyebab garis dileher yang perlu anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: