Cara Memperingati Hari Lahir Pancasila 2024, Terapkan Nilai-nilainya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Memperingati Hari Lahir Pancasila 2024, Terapkan Nilai-nilainya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pancasila -canva- radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COMMemperingati hari lahir Pancasila bisa dengan berbagai cara.

Bulan Juni tiba, tentunya pada hari pertama bulan Juni, di Indonesia akan diperingati hari istimewa, yaitu hari lahir Pancasila pada tanggal 01 Juni. Setiap tanggal 01 Juni setiap orang akan berbeda memperingatinya.  Nah kira-kira bagaimana y acara kita untuk memperingati hari lahir pancaila? Simak beberapa caranya.

BACA JUGA:Simak Tanggal Merah, Cuti Bersama dan Hari Libur Bulan Juni 2024

1. Mengikuti Upacara Bendera

Saat hari lahir Pancasila, biasanya di sekolah, kantor, atau instansi lain akan mengadakan upacara atau sekadar mengibarkan bendera merah putih seharian penuh. Namun jika tidak dapat mengikuti upacara bendera secara langsung maka coba untuk memperingatinya dengan menonton secara live yang biasanya disiarkan oleh kanal youtube atau media sosial Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

2. Memperingati dengan Membagikannya di Sosial Media

Cara selanjutnya yaitu dengan membagikan dan membuat twibbon, poster, atau kata-kata yang memuat semangat Pancasila. Dengan hal ini bisa juga dengan mengkampanyekan tema dan logo dari hari lahir Pancasila 2024. Untuk tema yang diangkat pada tahun 2024 ini adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Untuk logo sendiri bisa di download melalui website harlahpancasila.bpip.go.id.

BACA JUGA:Kata-Kata Ucapan Hari Lahir Pancasila, Cocok Dibagikan Ke Sosmed

3. Menerapkan Nila-Nilai Pancasila 

Memperingati hari lahir Pancasila 2024 selain dengan cara-cara diatas adalah dengan cara yang paling penting yaitu dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari sila pertama sampai sila ke lima. Dengan bisa menerapkannya ke kehidupan sehari-hari maka kita akan bisa menjadi warga negara yang patuh yang bisa menghargai jasa para pahlawan.

BACA JUGA:Daftar Tanggal Merah, Hari Besar dan Penting Bulan Juni 2024

Itulah yang bisa dilakukan ketika hari lahir Pancasila. Dengan cara-cara tersebut maka kita bisa memperingatinya dengan hal-hal baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: