Selain Harlah Pancasila, Ternyata Tanggal 1 Juni Memperingati Hari-hari Lain, Ada Apa Saja?

Selain Harlah Pancasila, Ternyata Tanggal 1 Juni Memperingati Hari-hari Lain, Ada Apa Saja?

Kalender Bulan Juni-Pinterest - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Jika dilihat dari penanggalan kalender masehi, hari ini tanggal 1 Juni, jika dalam konteks nasional merupakan hari libur yang dirayakan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila.

Hari Lahir Pancasila atau Harlah Pancasila, selalu diperingati tiap tanggal 1 Juni. Seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari lahirnya pedoman serta asas terpenting di Indonesia sebagai pandangan hidup yang mampu menyatukan lapisan masyarakat yang heterogen dan majemuk.

Momen Harlah Pancasila juga merupakan warna kesatuan dari setiap hal majemuk di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang heterogen dan berbeda-beda, akan tetapi satu pedoman bernegara yaitu Pancasila yang mampu menyatukan tiap perbedaan di Indonesia.

Namun, di tanggal 1 Juni hari ini, selain Harlah Pancasila dalam konteks asional, jika ditelisik dalam konteks internasional dan ternyata tanggal 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Orang Tua Sedunia dan Hari Kesadaran Terumbu Karang Sedunia. Simak pada artikel berikut ini selengkapnya.

BACA JUGA:Persib VS Madura United Leg 2, Skor 3-1 Maung Bandung Juara Liga 1 dengan Kemenangan Agregat 6-1 

1. Hari Lahir Pancasila 

Setiap tanggal 1 Juni, di Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Tujuan peringatan ini untuk menghormati perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia sebagai pedoman penting untuk berbangsa dan bernegara. 

Menurut laman resmi Kemendikbud, Hari Lahir Pancasila terjadi berkat momentum dari sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 28 Mei - 1 Juni 1945. Sidang tersebut dihadiri tokoh-tokoh penting seperti Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Kemudian Pancasila disahkan dan disampaikan melalui pidato Presiden Sukarno yang menandai momentum Harlah Pancasila 1 Juni, dan tujuan utama Pancasila adalah sebagai pedoman hidup yang mampu menyatukan beragam perbedaan di Indonesia dalam satu naungan Pancasila sebagai prinsip dan asas luhur bangsa dan negara.

BACA JUGA:Tanggal 1 Juni Hari Apa? Berikut Penjelasannya Serta Hari Libur Bertepatan dengan Weekend dan Harlah Pancasila

2. Hari Orang Tua Sedunia

Dikutip dari situs resmi PBB, latar belakang untuk peringatan Hari Orang Tua Sedunia berawal pada periode 1980-an. Selama periode tersebut PBB mulai memperhatikan isu-isu tentang keluarga, terutama peran orang tua yang sangat penting.

Pada 1983, berdasarkan rekomendasi dari Dewan Ekonomi dan Sosial Komisi Pembangunan Sosial dalam resolusi tentang peran keluarga dalam proses pembangunan (1983/23), meminta kepada Sekretaris Jenderal PBB untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengesahan mengenai peringatan Hari Orang Tua. 

Majelis Umum PBB menetapkan 1 Juni sebagai Hari Orang Tua Sedunia pada 12 September 2012. Peringatan ini dirayakan setiap tahun untuk menghormati jasa-jasa orang tua di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: