Daun Bawang Bisa Menurunkan Kolesterol? Berikut Beberapa Manfaat Daun Bawang Yang Bagus Untuk Tubuh

Daun Bawang Bisa Menurunkan Kolesterol? Berikut Beberapa Manfaat Daun Bawang Yang Bagus Untuk Tubuh

Manfaat daun bawang -Klikdokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Daun bawang tak bisa dipisahkan dari kekayaan kuliner Indonesia. Mulai dari camilan hingga makanan berat, banyak yang ditambahkan Daun bawang supaya rasa dan aromanya makin nikmat. Selain cita rasa lezat, ada manfaat Daun bawang yang bisa kamu nikmati bila rutin mengonsumsinya. Tak hanya nikmat disantap, Daun bawang juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisi dan zat antioksidannya yang melimpah. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat Daun bawang yang bisa kamu dapatkan: 

BACA JUGA:6 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut Untuk Kesehatan, Salah Satunya Kaya Akan Vitamin A

1. Mengurangi risiko terkena diabetes

Senyawa allicin dalam daun bawang diketahui memiliki efek antidiabetes. Ditambah lagi, daun yang kerap menjadi isian martabak telur ini mengandung karbohidrat kompleks, yakni jenis karbohidrat yang lebih lama dicerna tubuh sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang drastis.

2. Memperkuat imunitas tubuh 

Daun bawang mengandung vitamin C, magnesium, dan senyawa quercetin yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan pada daun bawang juga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan, terutama akibat paparan radikal bebas. 

BACA JUGA:Jangan Langsung Dibuang, Ini 4 Manfaat Air Cucian Beras

3. Mengontrol tekanan darah tinggi 

Tak hanya bisa menurunkan kadar kolesterol, daun bawang juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat daun bawang ini berkat kandungan senyawa allicin dan kalium di dalamnya. Kedua kandungan di dalam daun bawang ini mampu menjaga pembuluh darah tetap lentur dan mengontrol kerja otot jantung, sehingga tekanan darah bisa tetap terkontrol dan stabil di kisaran normal.

4. Mencegah sembelit

Serat dalam daun bawang maupun makanan tinggi serat lainnya sangat bagus untuk pencernaan. Serat berperan penting dalam menjaga pergerakan usus agar tetap teratur, serta membuat tekstur tinja jadi lebih lunak dan padat agar mudah dikeluarkan. Daun bawang juga mengandung prebiotik yang baik untuk mendukung kesehatan dan fungsi usus dalam mencerna makanan.

BACA JUGA:Jangan Langsung Dibuang, Ini Dia 5 Manfaat Kantung Teh Bekas

5. Menurunkan kadar kolesterol

Ada kabar baik bagi yang menderita kolesterol tinggi, nih. Pasalnya, kandungan serat serta allicin pada daun bawang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Oleh karena itu, jika kamu menderita kolesterol tinggi, mulailah menambahkan daun bawang dalam menu sehari-hari. Demikian manfaat daun bawang yang jarang diketahui namun sangat bagus untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: