Jangan Langsung Dibuang, Ini Dia 5 Manfaat Kantung Teh Bekas

Jangan Langsung Dibuang, Ini Dia 5 Manfaat Kantung Teh Bekas

Teh celup bekas -Radarmajalengka.com-Kompas.com

RADARMAJALENGKA.COM - Setelah membuat teh menggunakan teh celup, seringkali kantung teh celup langsung dibuang ke tempat sampah. Hal itu karena sebagian kita menilai kantung teh celup bekas tidak lahi memiliki manfaat atau nilau guna. 

Padahal, kantung teh celup bekas memiliki sejumlah manfaat yang sia-sia jika langsung dibuang ke tempat sampah.  Manfaat kantung teh celup bekas Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 kegunaan kantong teh celup bekas selain untuk membuat teh:

BACA JUGA:Jangan Langsung Dibuang, Ini 4 Manfaat Air Cucian Beras

1.Membersihkan piring penuh minyak Teh celup dapat menyingkirkan sisa makanan yang berminyak di berbagai tempat makan, seperti piring, wajan, atau panci. Hal itu karena kandungan tanin di teh dapat memecah lemak yang terkandung dalam minyak.

Caranya cukup dengan penuhi bak cuci berisi piring atau alat tempat makan lainnya dengan air, kemudian tambahkan kantung teh celup bekas. Lalu tunggu semalaman, keesokan paginya segera dibilas.

BACA JUGA:Rekomendasi Deodoran Untuk Anak Muda, Atasi Bau Badan Berlebih

2.Mengusir hewan pengerat Hewan pengerat seperti tikus tidak tahan dengan bau teh, terutama jika tehnya bercampur dengan pepermin. Tempatkan kantung teh celup bekas secara strategis di area rumah seperti di dekat pintu dan di dalam lemari untuk membantu mengusir tikus tersebut. Bila perlu teteskan minyak esensial pepermin untuk memperkuat aroma dan mengusir hama dengan lebih baik.

BACA JUGA:6 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut Untuk Kesehatan, Salah Satunya Kaya Akan Vitamin A

3.Membantu menyuburkan tanaman Dikutip dari Bob Vila, teh celup bekas dapat dijadikan pupuk organik yang bagus untuk sejumlah tanaman yang membutuhkan minyak dan asam, seperti mawar, pakis, dan berbagai tanaman gantung. 

Hal itu karena tanin dan nutrisi yang ada di teh dapat membantu meransang pertumbuhan tanaman. Caranya, cukup tempatkan teh celup itu di lubang drainase atau menanamnya di media tanam.

BACA JUGA:3 Makanan Ini Bikin Umur Panjang, Sudah Dibuktikan di Jepang

4.Membuat kaca berkilau Kantong teh sangat efektif untuk membersihkan dan menghilangkan minyak dan sidik jari yang membandel dari cermin, jendela, dan bahkan kacamata. Caranya, gosokkan kantung teh basah di atas permukaan kaca, dan bersihkan dengan handuk kertas agar cermin dan kaca jendela berkilau.

BACA JUGA:Rahasia Panjang Umur Orang Jepang Hingga Berusia 95 Tahun, Ini Dia Rahasianya!

5.Usir bau tak sedap Cukup masukkan beberapa kantung teh bekas ke dalam cangkir atau mangkuk kecil, dan simpan di bagian belakang lemari es di rak. Daun teh akan menyerap bau dan memberikan aroma segar. Ganti kantung setiap beberapa hari untuk kontrol bau secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com