Ketahui Manfaat Dari Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Manfaat Dari Oatmeal Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat oatmeal untuk kesehatan -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Oatmeal terbuat dari oat yang direbus bersama dengan air atau susu. Oat (Avena sativa) diklaim sebagai salah satu biji-bijian tersehat di dunia yang bebas gluten dan mengandung vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang tinggi. Oat diperkaya dengan fenol dan antioksidan unik yang hanya ditemukan dalam oat, yaitu avenanthramides dan fitoestrogen. antioksidan tersebut berfungsi untuk mengurangi efek peradangan dan mencegah risiko berbagai penyakit kronis. Berikut ini adalah beberapa manfaat Oatmeal yang bisa Anda peroleh:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, mengonsumsi oatmeal diketahui dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sindrom iritasi usus besar.

BACA JUGA:Ubi Mengandung Kaya Manfaat Loh! Berikut Deretan Manfaatnya

2. Menurunkan berat badan

Oatmeal tak hanya bisa dijadikan sebagai menu sarapan yang lezat dan sehat, tetapi juga mengenyangkan. Oatmeal diketahui dapat mengontrol rasa lapar dan meningkatkan produksi hormon kenyang berkat kandungan air dan beta-glucan (serat larut) yang tinggi di dalamnya. Dengan manfaat ini, mengonsumsi oatmeal akan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Jika diimbangi dengan olahraga rutin, berat badan akan lebih mudah turun.

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat oatmeal selanjutnya adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil dan meningkatkan sensitivitas insulin, terutama bagi penderita obesitas dan diabetes tipe 2. Manfaat ini diketahui berkat kandungan serat beta-glucan pada oatmeal yang dapat menunda penyerapan gula ke dalam darah.

BACA JUGA:3+ Tanda Kesalahan Memilih Bedak Wajah, Berakibat Iritasi Pada Kulit

4. Menurunkan kolesterol

Oatmeal mengandung serat larut atau soluble fiber yang dapat mengurangi low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Serat larut dalam oatmeal akan mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam alam aliran darah sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Ingin Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk? Berikut Caranya

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Oatmeal memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah. Hal tersebut dapat menurunkan risiko penyempitan arteri koroner yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam oatmeal yang bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: