Ingin Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk? Berikut Caranya

Ingin Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk? Berikut Caranya

Cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk-Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Untuk menjaga kesegaran buah, kita pasti menyimpan buah di dalam kulkas. Namun, tidak semua jenis buah bisa kita simpan di kulkas. Ada beberapa buah yang justru bisa tetap segar di dalam suhu ruangan, seperti avokad, pisang, dan sebagainya. Umumnya, buah yang perlu disimpan di dalam kulkas agar tidak cepat busuk, antara lain stroberi, anggur, jeruk, mangga, dan sebagainya. Sama seperti menyimpan sayur, meletakkan buah di dalam kulkas dan di atas meja tidak boleh sembarangan. Bisa-bisa buah yang kita sempat jadi cepat rusak. Berikut langkah-langkah menyimpan buah agar tahan lama:

1. Atur Suhu Kulkas saat Menyimpan Buah

Suhu kulkas yang ideal untuk menyimpan buah adalah 0-10°C. Semakin dingin kulkas, oksigen yang dihirup dan karbon dioksida yang dikeluarkan buah akan berkurang sehingga memperlambat pembusukannya.

BACA JUGA:Profil Wali Kota Muslim Sadiq Khan, Berhasil Menang Pemilu Wali Kota London Sebanyak 3 Kali

2. Pastikan Buah dalam Kondisi Baik

Agar buah lebih tahan lama, tentu anda harus memastikan bahwa buah dalam kondisi yang baik terlebih dulu. Anda bisa mencuci buah terlebih dahulu, lalu potong kecil-kecil. Bila ada bagian-bagian buah yang sudah membusuk, lebih baik segera membuangnya. Jadi, tidak memicu pembusukan ke bagian buah yang lain.

3. Pisahkan Buah dengan Bahan Makanan Lain

Pisahkan buah dengan daging, unggas, dan bahan makanan lainnya yang disimpan di kulkas. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri yang mempercepat pembusukan buah.

BACA JUGA:Pabrik Bata di Purwakarta Resmi Tutup, Banyak Karyawan Terdampak PHK, Lantas Apa Penyebabnya?

4. Pisahkan Buah-Buahan sebelum Disimpan

Tidak semua buah bisa langsung disimpan ke dalam kulkas. Soalnya, beberapa jenis buah harus matang terlebih dulu di suhu ruang, seperti alpukat, aprikot, jambu biji, melon, pepaya, dan mangga. Setelah matang, anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Selasa 7 Mei 2024 di Kuningan

5. Masukkan Buah ke dalam Wadah Penyimpanan

Beberapa jenis buah  seperti buah apel dan pir, mempunyai gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan buah. Oleh sebab itu, anda perlu memisahkan buah-buah ini dengan buah yang lain. Masukkan buah tersebut ke dalam wadah makanan plastik yang sudah dialasi dengan tisu sebelum menyimpannya di kulkas. Itulah beberapa cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: