Buper Palutungan di Kuningan Sebagai Wisata Bumi yang Alami dan Keindahan Curug Putri yang Memikat Hati

Buper Palutungan di Kuningan Sebagai Wisata Bumi yang Alami dan Keindahan Curug Putri yang Memikat Hati

Buper Palutungan dengan suasana rindang pepohonan pinus yang menjulang.-Google Maps foto - Tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kota Kuda merupakan julukan dari Kota Kuningan, dan Kota Kuningan memiliki banyak destinasi wisata yang patut untuk Anda kunjungi. 

Ya, memanglah sebuah fakta jika letak geografis dataran tinggi di Kuningan serta dekat dengan lokasi Gunung Ciremai dapat menjadi salah satu faktor mengapa kenampakan alam di Kuningan itu indah dan mempesona, salah satunya adalah destinasi wisata nya.

Karena faktor geografis dan kenampakan alamnya ini, maka destinasi wisata yang ada di Kuningan itu banyak memiliki destinasi yang masih bersifat alami, dan kesejukan nya dapat memikat hati untuk wisata bumi, salah satunya suatu destinasi wisata berupa buper atau bumi perkemahan yang di wilayah buper tersebut didapati suatu curug yang mempesona lagi memikat hati.

Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai wisata bumi yaitu Bumi Perkemahan Palutungan yang ada di Kuningan beserta Curug Putri yang masih berada di wilayah buper tersebut, yang secara keseluruhan pesona nya sungguh sangat alami dan memikat hati, simak selengkapnya disini. 

BACA JUGA:Agrowisata Kampung Durian Sinapeul Majalengka, Bisa Petik dan Makan Durian Sambil Nikmati Suasana Pegunungan

Lokasi Bumi Perkemahan Palutungan ini terletak di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan 45552. Dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. 

Jika Anda ingin menuju ke lokasi Buper Palutungan ini, jika titik awal dari Alun-Alun Kuningan, maka Anda harus menunu Aria Kemuning selanjutnya melanjutkan ke Jl. Veteran, kemudian Anda akan melewati Jalan Nanggeleng – Cirahayu/ Jalan Syeh Maulana Akbar, Jalan Raya Cigugur, Jalan Cigugur – Palutungan, Jalan Raya Cisantana, Jalan Malaraman, Jalan Pejabon- -Sagara Hulang. Kurang lebih waktu untuk sampai ke lokasi Buper Palutungan ini hanya memakan waktu sekitar 21 menit dengan jarak tempuh 8,9 km.

Buper Palutungan ini jam operasional nya buka 24 jam setiap hari, jadi Anda bisa bebas memilih untuk berkunjung di jam berapapun sesuka hati Anda. Untuk harga tiket masuk ke Buper Palutungan ini Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 13 ribu. Rasakan sensasi bermalam sambil camping atau kemah ditemani suasana sejuk dan alami yang ada di kawasan wisata bumi Buper Palutungan, untuk harga camping lengkap Anda harus membayar sekitar Rp 50 ribu untuk satu malam plus dapat pelayanan lengkap.

Fasilitas yang ada di Buper Palutungan ini banyak sekali mulai dari: Area Parkir Kendaraan yang Luas, Warung Makanan dan Minuman, Toilet/MCK,Mushola, Curug Putri Palutungan, Camping Ground yang luas, Gazebo, Rental Motor ATV, Gedung Serbaguna. Jika Anda ingin merasakan wahana Motor ATV maka Anda harus membayar sebesar Rp. 30.000,- per orang. Atau dengan bermain wahana outbound yang seru dan menantang lainnya, seperti flying fox.

BACA JUGA:Menilik Agrowisata Kampung Durian Sinapeul Majalengka, Pecinta Durian Wajib Datang Kesini! 

Buper Palutungan ini memanglah tempat destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi bila sedang berada di Kuningan, karena di Buper ini fasilitas nya banyak. Apalagi bagi Anda yang suka kegiatan berkemah, maka camping di area Buper Palutungan merupakan pilihan yang tepat sekali.

Pasalnya jika Anda camping di Buper Palutungan maka Anda dapat merasakan kesejukan yang alami, hawa dingin yang sejuk, serta banyaknya pohon pinus yang mampu membuat suasana menjadi rindang dan teduh.

Apalagi terdapat suatu hidden gem di wilayah Buper Palutungan yang hanya berjarak sekitar kurang lebih 10 menit, untuk menyusui bebatuan agar bisa sampai ke Curug Putri, yang memiliki pesona dan keindahan tersendiri dan dapat bikin memikat hati. 

Curug Putri ini merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 20 meter, dan dihiasi oleh bebatuan alami serta suasana pepohonan yang menjelang tinggi, secara keseluruhan suasana yang ada di Curug Putri ini pasti dan tentu sangat indah, dan alami, menyejukkan berkat sumber mata air alami, serta asri dan mampu memikat hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: