Tidak Sangka! Ternyata Pohon Cemara Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan Loh! Ini Dia Beberapa Manfaatnya

Tidak Sangka! Ternyata Pohon Cemara Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan Loh! Ini Dia Beberapa Manfaatnya

Manfaat pohon Cemara untuk kesehatan -Orami-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Anda mungkin sudah tidak asing dengan pohon cemara. pohon cemara yang identik dengan dekorasi dalam perayaan Natal ini ternyata punya berbagai manfaat, baik bagi lingkungan maupun kesehatan manusia. Karakteristik yang khas dari cemara ialah pohonnya yang tumbuh tinggi, daun berbentuk jarum, dan hijau sepanjang tahun karena tahan terhadap perubahan cuaca. Tidak hanya di dataran tinggi, cemara dapat tumbuh di dataran rendah hingga pantai sekalipun. Keberadaan pohon cemara dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Cemara juga punya nilai ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Tidak hanya berperan dalam menjaga lingkungan, beberapa penelitian juga sudah menemukan potensi pohon cemara yang memberikan manfaat untuk kesehatan manusia. Daun, kulit pohon, dan minyak esensial cemara juga telah dimanfaatkan turun-temurun sebagai obat herbal untuk berbagai gangguan kesehatan. Berikut merupakan berbagai manfaat pohon cemara bagi kesehatan:

1. Mengurangi stres

Pohon cemara juga memberi manfaat psikologis dalam mengurangi stres. Aroma cemara dapat merangsang reseptor otak yang bertanggung jawab atas suasana hati. Berada di sekitar Pohon cemara atau menggunakan produk beraroma cemara dapat membantu meredakan stres dengan cara menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:Buah Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Loh! Yuk Simak Beberapa Manfaatnya

2. Menurunkan gula darah

Air rebusan daun cemara telah sejak lama dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes dan kolesterol tinggi. Ekstrak daun cemara laut atau Casuarina equisetifolia kaya akan kandungan senyawa alami, seperti tanin, saponin, fenol, flavonoid, dan alkaloid. Senyawa alami ini diketahui memiliki efek dalam menurunkan kadar lemak (lipid) dan gula darah melalui pengujian pada objek tikus dengan diabetes.

3. Meredakan rasa sakit

Minyak esensial dari batang kayu Casuarina equisetifolia juga terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan. Minyak kayu cemara laut memiliki kandungan methyl salicylate sebanyak 30,4 persen. Methyl salicylate sendiri adalah senyawa analgesik atau pereda nyeri topikal yang efektif untuk meredakan nyeri ringan, seperti nyeri punggung, radang sendi, dan memar.

BACA JUGA:Top 5 Rekomendasi untuk Destinasi Wisata Libur Lebaran 2024 Oleh Disparbud Majalengka 

4. Mengatasi diare

Kulit kayu cemara juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati disentri, yakni penyakit infeksi usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir. Ekstrak kulit kayu ini membantu menurunkan jumlah feses, kadar air dalam feses, dan frekuensi buang air besar.

BACA JUGA:Kunjungan Wisatawan di Majalengka Selama Libur Lebaran 2024 Mengalami Peningkatan Sebesar 300 Persen

5. Membantu membunuh nyamuk

Tidak hanya memberikan aroma yang menenangkan, minyak atsiri atau minyak esensial dari batang kayu pohon cemara laut juga memiliki manfaat untuk membunuh nyamuk. Minyak atsiri ini telah terbukti klinis ampuh untuk membunuh nyamuk Anopheles gambiae yang menularkan malaria danAedes aegypti yang menularkan demam berdarah dengue. Itulah beberapa manfaat pohon Cemara untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: