5 manfaat kulit pisang yang berguna bagi kesehatan tubuh

5 manfaat kulit pisang yang berguna bagi kesehatan tubuh

Manfaat kulit pisang bagi kesehatan -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Pisang adalah salah satu buah yang digemari oleh banyak kalangan, baik anak kecil maupun orang dewasa. Nah, selain buahnya ternyata ada banyak manfaat kulit Pisang untuk kesehatan

Manfaat kulit pisang bukan hanya untuk kesehatan manusia namun juga bisa bermanfaat bagi tanaman. Manfaat kulit pisang untuk tanaman lantaran kandungan potasiumnya yang tinggi. Berikut adalah sejumlah manfaat kulit pisang untuk kesehatan:

1. Perawatan rambut

Kulit pisang mengandung silika, antioksidan, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk rambut. Anda dapat mencoba menambahkan kulit pisang ke masker rambut buatan sendiri. 

Manfaat kulit pisang dapat membuat rambut terhidrasi, kuat, dan terlihat sehat.

BACA JUGA:Mudik Kuy! Tips Perjalanan Mudik yang Aman dan Nyaman

2. Mengurangi risiko kanker

Kulit pisang kaya akan polifenol, karotenoid, dan antioksidan lain yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. 

Mengonsumsi kulit pisang dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kemungkinan terkena kanker.

BACA JUGA:9 Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Tubuh Kita

3. Mengobati jerawat dimuka

Sifat anti-inflamasi kulit pisang dan kandungan vitamin C dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit yang berhubungan dengan sinar matahari, seperti jerawat, dan kondisi kulit lainnya.

4. Kurangi depresi

Kandungan vitamin B6 dan tryptophan yang tinggi dapat membantu meringankan beberapa gejala depresi dan gangguan mood lainnya. Tryptophan digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin, yang meningkatkan mood. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yang pada akhirnya memiliki efek positif pada suasana hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: