Bukan Hanya Ciremai, Ternyata Kabupaten Majalengka Miliki 8 Gunung, Salah Satunya Ada Peninggalan Purbakala

Bukan Hanya Ciremai, Ternyata Kabupaten Majalengka Miliki 8 Gunung, Salah Satunya Ada Peninggalan Purbakala

Gunung di Kabupaten Majalengka tidak hanya Gunung Ciremai. -Ugi Yono - Google Maps-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Selama ini banyak yang menganggap jika di Kabupaten Majalengka hanya ada Gunung Ciremai. Padahal daerah ini setidaknya miliki 8 Gunung.

Bahkan salah satu gunung yang berada di kabupaten tersebut, terdapat peninggalan zaman purbakala. Yakni peninggalan prasejarah pada zaman Megalitikum atau Batu Besar.

Anggapan jika di Majalengka ini hanya terdapat Gunung Ciremai memang tidak salah. Sebab, gunung tertinggi di Jawa Barat ini memang sangat terkenal dalam berbagai aspek.

Gunung yang membatasi Kabupaten Majalengka dan Kuningan ini memiliki banyak aspek. Dari cerita mistis, beragam flora dan fauna, serta sekarang banyak objek wisata yang terkenal di sekitaran gunung tersebut.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Tempat Destinasi Wisata Di Sindangwangi Majalengka

Khusus di Majalengka, jika digali banyak gunung yang tak kalah dengan Ciremai. Walau gunung-gunung tersebut secara ketinggian, memang di bawah Gunung Ciremai.

Ada ulasan menarik soal banyaknya gunung di daerah yang berjuluk Kota Angin tersebut. Tulisan itu dari seorang bloger bernama Muhammad Nurdin Fathurohman.

Dia mengungkap keberadaan 8 gunung di kabupaten yang sekarang terdaoat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati tersebut.

Tulisan tersebut dia beri judul “Daftar 8 Gunung di Kabupaten Majalengka Lengkap dengan Ketinggian dan Lokasinya”.

BACA JUGA:Menu Sahur Berkuah : Menyajikan Kenikmatan Segar dan Enak, Ini 5+ Rekomendasi Menunya!

Muhammad Nurdin memulai tulisan dengan mengdeskripsikan lokasi Majalengka. Daerah ini meruapakan salah satu kabupaten di Jawa Barat.

Kabupaten ini beribukota di Kecamatan Majalengka. Berjarak 95 km sebelah timur laut dari Kota Bandung dan 56 km dari Kota Cirebon. Bagian utaranya adalah dataran rendah. Sedangkan di bagian selatan berupa pegunungan. 

Gunung Ceremai lokasinya berada di bagian timur. Tepatnya di perbatasan dengan Kabupaten Kuningan. Gunung ini masuk kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Di banyak bagian daerah tersebut, terutama di timur dan selatannya terdapat banyak gunung. Sang bloger ini juga menjelaskan tentang ke-8 gunung tersebut, sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: