Bukan Hanya Ciremai, Ternyata Kabupaten Majalengka Miliki 8 Gunung, Salah Satunya Ada Peninggalan Purbakala

Bukan Hanya Ciremai, Ternyata Kabupaten Majalengka Miliki 8 Gunung, Salah Satunya Ada Peninggalan Purbakala

Gunung di Kabupaten Majalengka tidak hanya Gunung Ciremai. -Ugi Yono - Google Maps-radarmajalengka.com

Dalam salah satu peta Belanda, namanya bukan Gunung Bongkok, tapi Gunung Sela. Disebut Bongkok karena seperti orang yang bungkuk (bongkok–Sunda). 

Puncaknya memiliki 2 bukit berbentuk kerucut tajam mirip rumah Gadang. Di dekat gunung tersebut, Gunung Wangi konon dimakamkan bupati pertama Majalengka, Raden Aria Dendanegara.  

5. Gunung Tempuh

Gunung Tempuh atau Gunung Tilu berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka. Pesona indah dapat ditemui ketika para pelancong hadir di kawasan ini, sebab dapat menikmati Sunrise dan Sunset dari tempat ini. 

Bahkan dari gunung batu setinggi 50 meter ini pun Kota Majalengka dapat terlihat dengan jelas. Tentu bagi traveler dapat mengabadikan keindahan pesona alam itu untuk media sosialnya.

BACA JUGA:Harga Samsung Galaxy A55 5G Terbaru 2024 Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Gunung yang berjumlah tiga ini masing-masing mempunya ciri khas dan karakter yang berbeda-beda. Bukit satu nyaris semuanya berupa tebing. Bukit satunya lagi seperti mirip berupa batu-batuan yang menumpuk. Bukit terakhir seperti bukit-bukit biasa yang dapat dilihat.

6. Gunung Paten

Keindahan Gunung Panten tidaklah kalah dengan keunikan dan keindahan gunung-gunung yang ada di kabupaten lain. Gunung ini berada di Gunung Desa Sidamukti, Kecamatan/Kabupaten Majalengka.

Gunung ini pertama kali diperkenalkan ke wisatawan ketika dibukanya sarana dan prasarana terbang layang. Di gunung ini dapat melihat keindahan Majalengka. 

Wisatawan yang berkunjung di tempat ini bisa menikmati pemandangan dataran tinggi wisata paralayang, sambil menikmati suguhan kerlip lampu yang bercahaya dari pusat Kota Majalengka.

BACA JUGA:Apa Saja Jenis Olahraga yang Cocok Saat Puasa? Lengkap dengan Waktu yang Tepat dan Manfaatnya

Kawasan ini juga menyediakan sejumlah spot. Seperti lampu berbentuk cinta yang menyala terang dan menghadap ke arah cahaya lampu kota.

Untuk mencapai Gunung Panten, dari Bundaran Munjul Indah arahkan kendaraan ke selatan menuju Desa Sidamukti. Kondisi jalan menuju tempat ini cukup baik. 

Bisa dilalui kendaraan roda 4 sampai lokasi take off palarayang di Puncak Gunung Panten. Gunung Panten ini berjarak sekitar 7 KM dari pusat Kota Majalengka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: