Bukan Hanya Ciremai, Ternyata Kabupaten Majalengka Miliki 8 Gunung, Salah Satunya Ada Peninggalan Purbakala

Bukan Hanya Ciremai, Ternyata Kabupaten Majalengka Miliki 8 Gunung, Salah Satunya Ada Peninggalan Purbakala

Gunung di Kabupaten Majalengka tidak hanya Gunung Ciremai. -Ugi Yono - Google Maps-radarmajalengka.com

7. Gunung Sireum

Gunung Sireum berada di Desa Wadowetan Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka. Dari perkampungan terdekat dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan menuju puncak.

BACA JUGA:3 Hp Murah Dengan Spesifikasi Gahar Dan RAM Besar!

Jalanan yang dilalui agak curam. Alun-alun di puncak gunung ini hanya cukup untuk 3 kendaraan roda 4. Dari sinilah pengunjung dapat melihat dengan jelas  Gunung Ciremai.

8. Gunung Bitung

Gunung Bitung terletak di perbatasan Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Majalengka. Dari Ciamis melalui Kecamatan Sukamantri. Atau di jalur Panjalu. 

Jika dari Majalengka bisa melalui Cikijing. Kemudian menuju ke Tanjakkan Jahim di Kecamatan Cingambul.

Di tempat itu ada penganggaran purbakala yang disebut Situs Gunung Bitung. Terletak di Kampung Gunung Bitung, Desa Wangkelang Kemantren, Kecamatan Cingambul.

BACA JUGA:Serba Kenceng! 6 Hp Samsung 5G dengan Spek Tinggi dan Harga Terjangkau

Situs Gunung Bitung mrrupakan peninggalan budaya Megalitikum. Bentuknya Punden Berundak. Punden berarti tempat suci atau tempat bertapa.

Berundak berati bentuk bangunan tanah yang dibuat berundak undak atau seperti terasering. Bangunan ini sangat penting dan erat kaitannya dengan berdirinya Kerajaan Talaga.

Asal usul nama Gunung Bitung berasal dari banyaknya bambu bitung di tempat itu. Jadi Gunung Bitung merupakan tempat berbukit yang banyak ditumbuhi bambu bitung.

Itulah 8 gunung yang tersebar di Kabupaten Majalengka. Ada yang dekat dengan pusat kota, namun sebagian besar menjadi tapal batas dengan beberapa kabupaten di Jawa Barat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: