Antisipasi Penyakit pada Hewan, Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Penyuluhan Ketahanan Pangan di Desa Cipelang

Antisipasi Penyakit pada Hewan, Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Penyuluhan Ketahanan Pangan di Desa Cipelang

Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) mengadakan penyuluhan ketahanan pangan dengan fokus pada peningkatan kualitas peternakan di desa Cipelang, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.-Ono Cahyono-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) mengadakan penyuluhan ketahanan pangan dengan fokus pada peningkatan kualitas peternakan di desa Cipelang, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

Acara ini berlangsung dengan sukses dan melibatkan dua wilayah penting, yaitu Dusun Wisnu dan Dusun Pasir.
Kegiatan penyuluhan ini didukung oleh Tim Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan dan Peternakan Tomo, yang diwakili oleh drh Tri Setyo P sebagai tenaga medis, serta Ade Sunandar SPt.

Mahasiswa KKN-T Unma juga turut berperan dalam memberikan informasi dan panduan kepada peternak sapi tentang berbagai penyakit yang dapat menyerang hewan ternak, seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Anthrax, dan parasiter lainnya.

BACA JUGA:Di Depan Sergei Lavrov-Kamala Haris-Li Qiang, Jokowi Tegas: Punya Tanggung Jawab Tidak Ciptakan Perang Baru

BACA JUGA:Cak Imin Berkemeja Putih Celana Hitam Penuhi Panggilan KPK

Tim Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan dan Peternakan Tomo, yang diwakili oleh drh Tri Setyo mengatakan, penyuluhan mencakup langkah-langkah pencegahan dan penanganan penyakit hewan.

"Kegiatan ini juga melibatkan berbagai tindakan, seperti penyuntikan vaksin, pemberian obat cacing, vitamin, serta pengobatan untuk sapi yang mengalami luka atau terjangkit penyakit skabies," bebernya.

Sunandar SPt menambahkan pihaknya juga mengapresiasi kepada mahasiswa Universitas Majalengka (Unma) yang menyelenggarakan KKN-T di desa tersebut karena memfasilitasi pemberian vitamin yang telah disiapkan sebanyak 12.000 butir untuk disalurkan kepada para peternak diwilayah tersebut.

"Tujuan utama dari penyuluhan ini adalah meningkatkan hasil peternakan sapi untuk memastikan ketahanan pangan hewan di Desa Cipelang, kecamatan Ujungjaya kabupaten Sumedang ini," tambahnya.

BACA JUGA:Pohon Besar Tumbang di Kawasan Cikebo

BACA JUGA:Kabupaten Majalengka Kembali Ukir Prestasi di Ajang Festival Literasi Digital 2023
Disamping itu, penyuluhan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat peternak tentang langkah-langkah pencegahan penyakit menular pada ternak. Hal ini menjadi sangat penting mengingat ancaman penyakit menular yang dapat mengganggu ketahanan pangan dan kesejahteraan peternak.

Respons yang positif dan antusiasme dari para peternak sapi yang menjadi peserta penyuluhan menunjukkan kesuksesan kegiatan ini. Keterlibatan aktif dari masyarakat setempat membantu kelancaran pelaksanaan penyuluhan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

"Kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi ketahanan pangan dan kesejahteraan peternak di Desa Cipelang," harapnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: