Tambah Inovasi Usaha, Mahasiswa KKN-T UNMA Buat Produk Susu Jagung untuk Kembangkan Ekonomi di Desa Jagapura

Tambah Inovasi Usaha, Mahasiswa KKN-T UNMA Buat Produk Susu Jagung untuk Kembangkan Ekonomi di Desa Jagapura

Mahasiswa KKN-T Unma mengadakan program pembuatan susu jagung untuk perkembangan ekonomi dan ketahanan pangan kepada masyarakat di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes--

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) mengadakan program pembuatan susu jagung untuk perkembangan ekonomi dan ketahanan pangan kepada masyarakat di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes, Sabtu 3 Agustus 2024.

 

Ketua Kelompok KKN-T, Gafa Muhamad Rizal mengungkapkan program pembuatan susu jagung yang diinisiasi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) adalah sebuah inisiatif kreatif yang bertujuan untuk memanfaatkan potensi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tempat mereka melakukan pengabdian. 

 

Program ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan jagung, yang merupakan salah satu komoditas utama di daerah tersebut, menjadi produk olahan yang bernilai tinggi, yaitu susu jagung.

 

Gafa mengaku mahasiswa KKN-T Unma sengaja mengadakan program ini karena ingin mengembangkan perekonomian di desa jagapura dengan membuat produk dari jagung yaitu susu jagung.

 

"Karena melihat dengan kondisi desa jagapura dengan petani nya yang banyak menanam jagung maka sebuah ketersediaan bahan baku tidak lagi susah untuk di dapatkan," ungkap Gafa.

 

Gafa menjelaskan program susu jagung ini sebagai upaya mahasiswa untuk memberikan sebuah pendapatan tambahan desa dengan membuat produk susu jagung ini, dan bisa dijadikan sebagai minuman sehat pada kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) pada program polindes di desa Jagapura kecamatan Kersana kabupaten Brebes.

 

Gafa menambahkan Mahasiswa KKN-T Universitas Majalengka (Unma) telah melihat peluang untuk mengembangkan produk susu jagung sebagai alternatif minuman sehat yang kaya akan nutrisi dan mudah diterima oleh semua kalangan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: