Jauh Sebelum Tol Cisumdawu dan BIJB, Bupati Majalengka Asal Kesenden Ini Bikin Jalan di Masa Kolonial

Jauh Sebelum Tol Cisumdawu dan BIJB, Bupati Majalengka Asal Kesenden Ini Bikin Jalan di Masa Kolonial

Kawasan Haurduni Maja pada tahun 1930-an (Album Jawa Barat)--

Ia punya istri bernama Raden Ayu Djuhwaningrat, yang lahir pada 11 Desember 1890.

Ayahnya adalah R. M. Shobur Sura Adi Ningrat, pensiunan Wedana Panjalu. Kakeknya R.A.A Sura Adi Ningrat adalah Bupati Cirebon.

Masa pendidikan Bupati Majalengka Soeriatanoedibrata ini, yakni pada 23 Juni 1905 lulus dalam ujian Klein Ambtenarexamen di Bandung.

Pada Oktober 1907 mendapat ijazah dari Sekolah Pendidikan Pegawai Negeri Indonesia Opleiding Inlansche Ambtenaren di Bandung.

 

Pada September 1909 mendapat ijazah dari sekolah pertanian Lanbouwschool di Bogor. Tahun 1918 tamat sekolah Pangreh Praja Bestuurschool di Jakarta.

Selanjutnya pada 1 Desember 1944 diangkat menjadi Hoku Syutyoo Kan di Cirebon, kemudian menjadi Residen Cirebon.

R.M.A.A Soeriatanoedibrata wafat pada tahun 1948 dan dimakamkan di Pasarean Girilawungan Majalengka. Di belakang makam Dalem Panungtung.

BACA JUGA:Masih Adakah Orang Percaya pada Teori Konspirasi?

R.M.A.A Soeriatanoedibrata telah menorehkan hasil kerja yang cukup banyak bahkan hingga kini masih dirasakan.

 

Surat Kabar Het Nieuws van den dag Voor Nerderlandsch-Indies juga memberitakan pada Minggu 13 Desember 1936, sekelompok orang dari perkumpulan Teknik Pertanian mencoba jalan baru Maja - Talaga dengan rute memutari Gunung Ciremai dari Cirebon-Kuningan-Cikijing-Talaga-Maja-Cigasong-Rajagaluh-Sumber dan kembali ke Cirebon.

Dalam berita tersebut disebutkan juga bahwa dari Maja terdapat akses jalan menuju Cibodas (sekarang menjadi area persawahan di Blok Sukamurni Maja Selatan).

BACA JUGA:Menelusuri Wilayah Jawa Barat Melalui Peta Masa Lalu, Majalengka Belum Tercatat

Akses jalan tersebut dapat melihat sisa pengeboran dari sumur minyak pertama di Indonesia oleh Jan Reerink pada tahun 1871 dan sempat dilanjutkan oleh N.V Bataafsche Petroleum Maatschappij / B.P.M.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: