Gelaran Angklung Terbesar Dunia, Kemeja Zulhas Tegak Lurus Hitam Putih, Tanda Dukung Ganjar Pranowo?

Gelaran Angklung Terbesar Dunia, Kemeja Zulhas Tegak Lurus Hitam Putih, Tanda Dukung Ganjar Pranowo?

Mendag Zulkifli Hasan ikut memeriahkan pergelaran angklung terbesar di dunia di GBK, Sabtu (5/8/2023).--

RADARMAJALENGKA.COM-Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menghadiri pergelaran angklung terbesar di dunia yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (5/8).

Zulhas bersama menteri lainnya, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Mendikbudristek Nadiem Makarim, MenpanRB Azwar Anas, ikut memainkan angklung untuk memeriahkan acara yang dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Yang menarik, kemeja yang dikenakan Zulhas meski berbeda namun memiliki motif yang sama dengan Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Hidup di Tahun Penuh Bahaya, Megawati Jadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Garis hitam putih vertikal
merupakan representasi dari pesan Presiden Jokowi soal keberanian. 

"Hitam putih adalah keberanian. Hitam putih adalah sikap untuk tidak menjadi abu-abu. Sebuah keputusan untuk berkata ya atau tidak," ujarnya Rabu (19/7).

Ketua Umum RGP2024, Heru Subagia menilai pemilihan motif tersebut merupakan salah satu upaya Zulhas untuk membangun citra di masyarakat nasionalis.

BACA JUGA:Benarkah Kepemimpinan di Indonesia Erat dengan Kekuatan Mistis?

Berdasarkan arti warnanya, ia menyebut secara umum hitam kerap dikaitkan dengan simbol penantang, penuh misteri ataupun hal buruk. Di sisi lain, warna putih dinilai identik dengan kesan suci, kebaikan hingga kepolosan.

"Jadi secara umum, hitam-putih dapat dimaknai sebagai menghargai perbedaan, saling melengkapi dan memahami ada sisi baik dan buruk dalam diri," ujarnya kepada radarmajalengka.disway.id, Senin (7/8).

Di sisi lain, Heru menilai motif kemeja tersebut juga memungkinkan memiliki makna lain apabila benar-benar dipilihkan secara langsung oleh Zulhas untuk Ganjar.

"Itu makna umum, tapi karena ini identitas dari Ganjar tentu kita mafhum beliau selalu melihat dari kacamata budaya Jawa," tuturnya.

BACA JUGA:Raksasa Kerdil Anjawong Ini Kisahnya di Naskah Kulit Kayu, Sosok Gaib Prabu Siliwangi

Ia menuturkan dalam budaya Jawa, warna hitam kerap kali dilambangkan sebagai simbol kebijaksanaan, kesetaraan, hingga keberanian.

Sementara untuk warna putih mengartikan kebersihan, kesucian, kejujuran, pemaaf, dan cinta. Nilai-nilai tersebut, kata dia, erat kaitannya dengan sifat religius atau spiritual.

"Jadi makna hitam putih dalam konteks masyarakat Jawa, tentu ingin menggambarkan adanya kebijaksanaan dan kesetaraan, baik dalam kejujuran dan maupun dalam kesucian," jelasnya.

BACA JUGA:Zulhas Belum Pastikan Dukungan, Heru Subagia: Siap Digusur Jika PAN Pilih Prabowo

Indonesia memecahkan rekor Guinness World Record dengan kategori pergelaran angklung terbesar di dunia. Tercatat ada 15.110 peserta di GBK yang hadir di acara pemecahan rekor ini.

Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perdagangan juga menjadi bagian dari peserta yang ikut berpartisipasi dalam pemecahan rekor ini.

Pergelaran angklung ini diselenggarakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) sebagai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara ini turut dihadiri Presiden RI, Joko Widodo; Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin; dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Acara ini melibatkan sebanyak 15.110 pemain angklung yang bermain selama 7 menit tanpa henti dengan nada dan musik yang padu. Para pemain tersebut memainkan lagu nasional “Berkibarlah Benderaku” dan lagu “Wind of Change”. (*)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: