Raksasa Kerdil Anjawong Ini Kisahnya di Naskah Kulit Kayu, Sosok Gaib Prabu Siliwangi

Raksasa Kerdil Anjawong Ini Kisahnya di Naskah Kulit Kayu, Sosok Gaib Prabu Siliwangi

Naskah Asli Cariosan Prabu Siliwangi digitalisasi EFEO--

RADARMAJALENGKA-Sebagai sosok sejarah, Prabu Siliwangi juga tak luput dari kisah mitos dan legenda yang menyertainya. Mitos dan Legenda dikategorikan sebagai indeks atau tanda sebagai ciri historiografi tradisional.

Harimau atau Maung dalam bahasa Sunda, punya posisi yang cukup mendalam bagi kesadaran orang Sunda. Maung juga menjadi nama tempat di kawasan Jawa Barat, seperti Cimaung dan Cimacan yang bisa ditemukan di beberapa daerah Garut, Subang, Banjaran, Cianjur dan tempat lain.

BACA JUGA:CEK FAKTA: Prabu Siliwangi Moksa, Kalah Perang Tanding atau Meninggal karena Usia?

Bahkan, lambang Kodam Siliwangi, sampai Persib—klub sepakbola kebanggaan warga Jawa Barat dan Sunda yang dijuluki Maung Bandung.

Simbol maung yang melekat dalam alam pikiran masyarakat Sunda pada umumnya dikaitkan dengan legenda nga-hyang atau menghilangnya Prabu Siliwangi di hutan Sancang ketika dikejar bala tentara Islam dari Kerajaan Banten dan Cirebon.

Peristiwa ini mengisyaratkan mulai masuknya pengaruh Islam di tatar Sunda.

Data historiografi Prabu Siliwangi, Selain prasasti dan sumber naskah ada pula bukti mentifact sebagai historiografi tradisional. Diantaranya adalah mitos atau legenda Prabu Siliwangi dan Maung atau Harimau Putih. 

Konon, Prabu Siliwangi didampingi khodam Harimau putih. Selain Prabu Siliwangi, mitos atau Legenda Khodam harimau putih ini juga disematkan kepada Sunan Kalijaga.

BACA JUGA:Patung Prabu Siliwangi dari Talaga Manggung, Hanya Tinggal Foto, Aslinya ke Mana?

Selain khodam Harimau Putih, Prabu Siliwangi dalam legendanya yang lebih awal didampingi sosok gaib bernama Anjawong. 

Kisah Anjawong ini terdapat dalam Naskah kulit kayu (daluwang) berjudul "Cariosan Prabu Siliwangi" yang ditulis tahun 1435 Masehi dan salinannya beberapa kali hingga yang terakhir ditulis abad ke-19 Masehi.

Naskah  ini disimpan di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang.

BACA JUGA:Misteri Pohon Kaboa, Leuweung Sancang, Maung Putih dan Menghilangnya Prabu Siliwangi

Kisah tentang sabung ayam memperebutkan Mrajalarangtapa putri raja Kerajaan Singhapura, saat ini masuk wilayah Cirebon. Siliwangi juga memiliki Ayam jagoannya yang suatu ketika hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: