Kuliner Khas Brebes, Salah Satunya Favorit Calon Presiden 2024

Kuliner Khas Brebes, Salah Satunya Favorit Calon Presiden 2024

Kuliner khas Brebes kesukaan Ganjar Pranowo-Tangkapan layar google maps-Farid Ardiyansyah

RADARMAJALENGKA - Kuliner khas Brebes sanat beragam pilihannya. Kota Brebes sendiri dikenal sebagai kota penghasil telur asin terbaik di Indonesia, kota brebes memiliki beragam wisata alam dan kuliner.

Bila anda sedang berwisata atau singgah ketika mudik, mungkin anda bisa mencoba kuliner khas Brebes dan membawanya untuk dijadikan oleh-oleh. 

Setiap wilayah di Indonesia memiliki keunikannya sendiri, daerah di indonesia banyak mengakulturasi budaya Tiongkok dan Belanda. Salah satunya Kota Brebes yang memiliki akulturasi budaya Tionghoa, seperti pada asal muasal pembuatan telur asin.

Mulanya telur asin diproses secara sederhana, lantas dikarenakan proses ini memakan waktu yang cukup lama akhirnya melalui interaksi dengan komunitas penduduk Tionghoa terjadilah perubahan metode pembuatan telur asin. Berikut rekomendasi kuliner khas Brebes yang bisa kamu jadikan referensi beserta estimasi harganya.

BACA JUGA:Kuliner Tradisional Khas Brebes 2024 Terpoluler

1. Sate Blengong

Sate blengong merupakan salah satu kuliner incaran para pejabat dan artis yang sedang berwisata atau singgah di kota Brebes. 

Ganjar Pranowo selaku calon presiden Indonesia 2024 sempat mencicipi kenikmatan sate blengong, dan membuat sate ini menjadi makanan favoritnya. Sate khas Brebes ini memilki keunikan yang berbeda dibandingkan dengan sate daerah lainnya.

Perbedaan ada pada ukurannya yang jumbo, membuat semua orang akan ketagihan. Ditambah rasa yang lebih gurih, karena daging yang digunakan merupakan perbaduan antara daging bebek dan mentok. Perpaduan daging tersebut membuat cita rasa sate blengong lebih lembut dan berserat.

BACA JUGA:5 Kuliner Brebes Enak 2024. No 3 Paling Viral

Dalam proses pembuatannya, sate blengong lumayan agak sulit. Karena jika tidak diolah dengan benar, akan menghasilkan daging yang keras dan amis. Mulanya daging akan dilumuri bumbu khusus dan diungkep dengan kuah rempah didalam tempat perebusan. Proses ini memakan waktu selama 2-2.5 jam, baru sate bisa dibakar.

Harga satu porsi berkisar diharga 35 ribu dengan isi 10 tusuk.

2. Kepiting Soka

Kepiting soka merupakan makanan khas brebes yang unik karena memiliki tekstur cangkang yang lunak. Proses pembuatannya cukup berbeda dibanding olahan kepiting lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: