Tanggal 15 April 2023, Apakah Tol Cisundawu Sudah Dibuka Total?

Tanggal 15 April 2023, Apakah Tol Cisundawu Sudah Dibuka Total?

Apakah Tol Cisumdawu dibuka total 15 April 2023, gambar di Seksi 5A STA 40+200.-Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Besok 15 April 2023. Ini waktu yang ditunggu-tunggu masyarakat Jawa Barat. Jika terjadi, ini adalah momen sejarah yang tak akan dilupakan. Tol Cisumdawu dibuka untuk mudik, bablas dari Bandung ke Majalengka.

Sesuai janji pemerintah, tanggal 15 April 2023, ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisundawu) dibuka total terhubung dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali). 

Apakah momen itu akan terjadi besok? Atau apalah justru operasional total Tol Cisundawu tersebut malah akan diundur lagi. Ya, kita tunggu saja besok.

Jika ditunda lagi, pemerintah kembali mengulang belum bisa menepati janji. Sebelumnya, pemerintah pernah berjanji ingin membuka secara total Tol Cisundawu itu pada akhir Februari lalu. 

BACA JUGA:BESOK! Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Kertajati Dibuka, Tembus ke Cipali

Tapi karena memang belum siap, pemerintah kembali mengulang janji itu. Bahkan pemerintah bukan hanya berjanji, tapi malah memastikan Tol Cisundawu bisa terhubung dengan Tol Cipali pada tanggal 15 April 2023.

Namun hingga malam ini, belum ada tanda-tanda jika tol yang bakal mendekatkan Bandung dan Cirebon itu, bakal dibuka total.

Seperti sudah ramai diberitakan, pemerintah memastikan Jalan Tol Cisundawu akan beroperasi secara fungsional pada 15 April 2023. Tanggal itu dipilih juga untuk menyambut angkutan mudik Lebaran tahun ini.

Yang memastikan bahwa Tol Cisundawu dibuka tanggal 15 April 2023 adalah Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Izin Rute Bandara Husein Sastranegara Sampai Oktober 2023, Batal Dipindah ke BIJB Kertajati?

Menhub mengatakan, Tol Cisundawu akan dapat mulai dioperasikan pada 15 April 2023. Dia memastikan jalan tol tersebut dapat digunakan untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

"Kebijakan tentang fungsional ataupun efektif berada di kewenangan Kementerian PUPR, tapi fungsional hampir bisa dipastikan," kata Menhub dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jumat (24/3/2023) lalu.

Jadwal yang diungkap Menhub tersebut meleset dari target yang ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Menteri Basuki sebelumnya mematok jalan tol tersebut untuk dapat dioperasikan pada Februari.

Memang pembangunan tol tersebut masih terfokus penyelesaian pada Seksi 4 Cimalaka-Legok dan Seksi 5A dan 5B Legok-Ujung Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: