Tanggal 15 April 2023, Apakah Tol Cisundawu Sudah Dibuka Total?

Tanggal 15 April 2023, Apakah Tol Cisundawu Sudah Dibuka Total?

Apakah Tol Cisumdawu dibuka total 15 April 2023, gambar di Seksi 5A STA 40+200.-Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa Tuban Terasa di Majalengka, Berguncang Beberapa Detik

Untuk Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan telah beroperasi sejak Januari 2022. Seksi 2 Pamulihan-Sumedang dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka juga telah beroperasi sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

Menteri Basuki ketika itu mendorong badan usaha jalan tol PT Citra Karya Jabar Tol untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu. “Akhir Februari ditargetkan fungsional,” ungkapnya ketika itu.

Seksi 4 ini, kata Basuki, sudah bagus. Nanti akan ada taman. “Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat," jelasnya.

Seperti diketahui, ruas Jalan Tol Cisumdawu terdiri atas enam seksi. Pembangunannya dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun. 

BACA JUGA:SIMAK! Skenario Penanganan Kemacetan Tol Cisumdawu saat Mudik, Begini

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah. Hal itu sebagai bagian dari viability gap fund guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. 

Untuk Seksi 3-6 dikerjakan oleh badan usaha jalan tol. Untuk Seksi 3 Sumedang-Cimalaka telah beroperasi dengan kontraktor pelaksana PT Girder Indonesia.

Untuk Seksi 4A dan 4B Cimalaka-Legok, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk serta PT Brantas Abipraya (Persero) selaku kontraktor pelaksana. 

Kemudian Seksi 5A dan 5B Legok-Ujung Jaya, konstruksinya dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan Girder Indonesia. Sementara itu, Seksi 6A dan 6B Ujung Jaya-Dawuan, konstruksi jalan tol telah selesai dilaksanakan oleh Girder Indonesia dan Brantas Abipraya.

BACA JUGA:Daftar Curug Majalengka, Kalau Mudik Jangan Lupa Mampir

Nah, kita tunggu saja. Semoga tanggal 15 April 2023 ini, benar-benar menjadi sejarah. Tol Cisundawu bisa terhubung dengan Tol Cipali. Semoga! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: