BESOK! Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Kertajati Dibuka, Tembus ke Cipali

BESOK! Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Kertajati Dibuka, Tembus ke Cipali

Tol Cisumdawu dibuka untuk mudik lebaran mulai besok. -Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Besok atau tepatnya, Sabtu, 15, April 2023, Tol Cisumdawu sudah dibuka untuk mudik di Ruas Cimalaka - Kertajati

Pengecoran tahap akhir pada area Seksi 5A Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Jalur A, telah dituntaskan. Sehingga main road sudah tersambung seluruhnya.

Penggunaan Jalan Tol Cisumdawu mulai 15 April ini, sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah. Dan diharapkan dapat mengurai kepadatan di jalur arteri Bandung - Sumedang - Majalengka

Dari pantauan visual pada Jumat siang, 14, April 2023, nampak pengecoran tahap akhir sudah diselesaikan di area Seksi 5A Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa Tuban Terasa di Majalengka, Berguncang Beberapa Detik

Ruas ini menjadi yang terakhir tersambung, karena terdapat pekerjaan yang cukup rumit, yakni lapisan tanah labil pada area STA 40+200.

Sekitar 300 meter area labil atau poor soil itu, telah dilakukan pengerukan dilanjutkan dengan urugan tanah. Dan di atasnya digunakan konstruksi dari EPS Geofoam sebagai material insulasi.

Proses pengecoran dengan fast track yang dilakukan selama 3 hari terakhir pada 12 deck, kini telah berhasil diselesaikan sejak Kamis malam, 13, April 2023.

Sehingga material beton sudah bisa dipakai untuk dilewati kendaraan pada Sabtu, 15, April 2023. Setelah dilakukannya pembersihan pada area Seksi 5A.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Izin Rute Bandara Husein Sastranegara Sampai Oktober 2023, Batal Dipindah ke BIJB Kertajati?

Pada bagian lain yakni Jembatan Gunung Puyuh di Seksi 5B, juga sudah dirampungkan pengaspalan. Sehingga sudah dapat dilintasi kendaraan. 

Dengan tersambungnya Jalan Tol Cisumdawu mulai dari Cileunyi sampai Kertajati, kendaraan pemudik sudah dapat melintas dan tembus langsung ke Cipali. 

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo menjelaskan, setelah diselesaikan pembersihan Tol Cisumdawu sudah bisa dibuka dan dipakai masyarakat. 

Khususnya pada ruas Seksi 4 sampai dengan 6 atau Cimalaka sampai dengan Kertajati Kabupaten Majalengka sepanjang 28,2 kilometer sudah bisa dipakai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: