KONDISI TERKINI Jalan Tol Cisumdawu, Kemungkinan Satu Arah dari Bandung ke Majalengka saat Mudik

KONDISI TERKINI Jalan Tol Cisumdawu, Kemungkinan Satu Arah dari Bandung ke Majalengka saat Mudik

Kondisi terkini Jalan Tol Cisumdawu yang ditarget selesai untuk mudik dari Bandung ke Majalengka.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Alasan Antonov yang Mendarat di Bandara Kertajati Dijuluki Si Gajah dan Monster Langit

Menariknya, pemasangan geofoam EPS ini, juga diprioritaskan di jalur Bandung arah Majalengka. Terlihat sepertinya ada prioritas menyelesaikan satu jalur lebih dahulu.

Bergeser ke Seksi 5B di Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang yang sedang dalam penanganan longsor pada urugan badan jalan.

Pada ruas ini, terjadi perubahan konstruksi dari jalan menjadi jembatan untuk penanganan longsor. Fondasi bore pile sedalam 12 meter, sudah dituntaskan untuk jalur arah Bandung - Majalengka.

Bahkan di sisi ini, sudah dilakukan bekisting yang bersamaan dengan pengecoran atau pembetonan pier head.

BACA JUGA:18 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Kemungkinan Hanya Bisa Dilewati Satu Arah dari Bandung ke Majalengka

Kontras dengan bentangan jembatan di jalur arah Majalengka - Bandung yang baru ditancapkan bore pile dan belum terlihat ada konstruksi untuk tiang jembatan.

Kemungkinan besar, di area ini juga diprioritaskan untuk menyelesaikan satu jalur lebih dahulu yakni dari arah Bandung ke Kertajati, sehingga dapat dipakai untuk arus mudik.

Berdasarkan proyeksi dari PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu adalah di Bulan April. Kemudian diteruskan dengan uji laik fungsi dan beroperasi fungsional pada awal Mei.

"Sekarang ini Seksi 4 sudah selesai, Seksi 6 sudah selesai, Seksi 5 kita kejar tayang," kata Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi Suarso.

BACA JUGA:SERU NIH! Mudik Pakai Helikopter, Cukup Bayar Rp7 Juta Saja, Bisa ke Daerah Ini

Di sisi lain, pemerintah menghendaki penyelesaian Tol Cisumdawu lebih cepat yakni pada 15 April 2023, meski ada kemungkinan mundur 1 sampai dengan 2 hari.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, Jalan Tol Cisumdawu sudah beroperasi pada 15 April nanti dan bisa dipakai untuk mudik.

"Kabar baik Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi pada 15 April untuk mudik," kata Budi Karya, di Istana Negara, Jakarta.

Oleh karena itu, patut dinantikan perkembangan terkini Jalan Tol Cisumdawu yang sudah ditetapkan sebagai jalur mudik oleh pemerintah, termasuk kemungkinan hanya beroperasi untuk satu arah dari Bandung ke Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: