KONDISI TERKINI Jalan Tol Cisumdawu, Kemungkinan Satu Arah dari Bandung ke Majalengka saat Mudik

KONDISI TERKINI Jalan Tol Cisumdawu, Kemungkinan Satu Arah dari Bandung ke Majalengka saat Mudik

Kondisi terkini Jalan Tol Cisumdawu yang ditarget selesai untuk mudik dari Bandung ke Majalengka.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu saat ini sedang dalam upaya penyelesaian untuk mengejar target pada 15 April 2023.

Dengan harapan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat dipakai untuk mudik dari Bandung ke arah Majalengka dan Cirebon.

Karenanya, target Jalan Tol Cisumdawu selesai hanya menyisakan waktu 18 hari lagi. Meski kondisi di lapangan terlihat ada beberapa ruas yang masih berat.

Kondisi terkini Jalan Tol Cisumdawu yang nampaknya perlu perhatian ekstra diantaranya di Seksi 5A Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:Saat Pesawat Antonov AN-124 Isi BBM di Bandara Kertajati Majalengka, Tangki Pertamina Merapat

Di ruas ini, sebelumnya sudah dilakukan penggalian sampai kedalaman tertentu untuk mengangkat material tanah yang labil dan berair.

Kemudian bagian yang dikeruk itu, diganti dengan urugan tanah menggunakan material sirtu yang lebih stabil dan kuat.

Tetapi, proses urugan tersebut cukup memakan waktu karena dibutuhkan volume timbunan sampai 80 ribu meter kubik.

Pada kondisi update terkini, sebagian urugan di Jalan Tol Cisumdawu Seksi 5A tersebut hampir rampung.

BACA JUGA:Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati, Dijuluki Si Gajah, Ini 4 Alasannya

Dari pantauan visual terlihat, jalur dari arah Bandung ke Kertajati sudah lebih tinggi dari arah sebaliknya. Bahkan sudah dilakukan pembentukan badan jalan juga pengerasan menggunakan alat berat.

Sedangkan pada lajur kiri atau arah Bandung nampaknya masih membutuhkan urugan dan sampai sekarang belum ada pembentukan badan jalan.

Menariknya di area dekat Overpass Cipamekar, bagian yang belum dilakukan urugan sudah diaplikasikan geofoam EPS. Material ini, biasa digunakan pada area tanah labil tanpa harus dilakukan urugan.

Progres pekerjaan dengan geofoam ini, nampak lebih cepat, karena seperti memasang susunan balik dan bagian atasnya nantinya akan dibeton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: