18 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Kemungkinan Hanya Bisa Dilewati Satu Arah dari Bandung ke Majalengka

18 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Kemungkinan Hanya Bisa Dilewati Satu Arah dari Bandung ke Majalengka

Tol Cisumdawu kemungkinan beroperasi satu arah dari Bandung ke Majalengka saat arus mudik.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu ditarget beroperasi 15 April 2023 dan menyisakan waktu 18 hari lagi untuk dapat dioperasikan.

Oleh karena itu, pekerjaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan nampak dilakukan beberapa penyesuaian. Pada area yang masih berat diselesaikan, nampak diberlakukan skala prioritas.

Dugaan ini, bisa jadi salah karena belum ada statemen resmi dari kontraktor maupun pengelola Jalan Tol Cisumdawu.

Tetapi, bila dilihat secara visual, saat ini ada 2 area yang sedang jadi fokus perhatian untuk dapat diselesaikan konstruksinya.

BACA JUGA:SERU NIH! Mudik Pakai Helikopter, Cukup Bayar Rp7 Juta Saja, Bisa ke Daerah Ini

Dua area ini, berada di Seksi 5A dan seksi 5B dan kondisinya memang paling menantang dari sisi konstruksi.

Yang pertama adalah urugan di area poor soil atau tanah labil di Seksi 5A Desa Cipamekar atau STA 40+800. Pada area ini, dibutuhkan volume urugan mencapai 80 ribu meter kubik.

Dari pantauan visual terlihat, jalur dari arah Bandung ke Kertajati sudah lebih tinggi dari arah sebaliknya. Bahkan sudah dilakukan pembentukan badan jalan juga pengerasan menggunakan alat berat.

Sedangkan pada lajur kiri atau arah Bandung nampaknya masih membutuhkan urugan dan sampai sekarang belum ada pembentukan badan jalan.

BACA JUGA:UNIKNYA Dusun Palutungan Kuningan di Ketinggian 1.100 MDPL, Puncak Ciremai Serasa Dekat

Menariknya di area dekat Overpass Cipamekar, bagian yang belum dilakukan urugan sudah diaplikasikan geofoam EPS. Material ini, biasa digunakan pada area tanah labil tanpa harus dilakukan urugan.

Progres pekerjaan dengan geofoam ini, nampak lebih cepat, karena seperti memasang susunan balik dan bagian atasnya nantinya akan dibeton.

Menariknya, pemasangan geofoam EPS ini, juga diprioritaskan di jalur Bandung arah Majalengka. Terlihat sepertinya ada prioritas menyelesaikan satu jalur lebih dahulu.

Bergeser ke Seksi 5B di Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang yang sedang dalam penanganan longsor pada urugan badan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: