Sudah Latihan Touch and Go, Transnusa Buka Rute Penerbangan ke Bandara Kertajati Majalengka?

Sudah Latihan Touch and Go, Transnusa Buka Rute Penerbangan ke Bandara Kertajati Majalengka?

Pesawat Transnusa melakukan latihan touch and go di Bandara Kertajati Majalengka.-aba & embun/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Maskapai berbiaya murah, Transnusa sempat melakukan latihan touch and go untuk pesawat mereka di Bandara Kertajati Majalengka, pada Februari 2023.

Karenanya, publik sempat mengira kalau Transnusa akan menjadi yang pertama membuka rute penerbangan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Mengingat Maskapai Transnusa yang beroperasi sejak tahun 2005 saat ini hanya melayani 3 rute penerbangan domestik dan 1 internasional. Apakah Bandara Kertajati yang berikutnya? Tentu saja patut ditunggu.

Seperti diketahui, Maskapai Transnusa sempat melakukan latihan touch and go di Bandara Kertajati menggunakan armada Comac ARJ21-700 yang merupakan pesawat buatan China.

BACA JUGA:INI DIA Maskapai Indonesia Pertama yang Pakai Pesawat Buatan China, Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Transnusa sekaligus menjadi maskapai di luar China yang menggunakan pesawat tersebut. Apalagi dioperasikan untuk penerbangan di Indonesia. Sebelumnya, jenis Comac ARJ21-700 hanya terbang di rute lokal Tiongkok.

Karenanya, penggunaan pesawat buatan Comac tersebut bakal menjadi terobosan tersendiri dalam dunia penerbangan di tanah air. 

Sebagai informasi, Pesawat Comac ARJ21-700 yang merupakan produksi dari Commercial Aircraft Corporation of China (Comac) di Shanghai, China.

Transnusa yang menggunakan pesawat tersebut, merupakan maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan pesawat buatan China.

BACA JUGA:Jembatan Baru Tol Cisumdawu Dikerjakan Setengah Dulu Demi Mudik? Lihat Penampakannya

Dikutip dari laman Airlines-inform dan Aerospace technology, pesawat Comac ARJ21-700 telah beroperasi tahun 2009.

Pesawat penumpang tersebut, sebelumnya hanya digunakan di dalam negeri. Karenanya, Transnusa menjadi maskapai pertama yang menggunakan di luar China.

Adapun maskapai lain yang pernah menggunakan pesawat ini adalah Chengdu Airlines, Air China, China Eastern Airlines, China Southern Airlines.

Sebagai informasi, ARJ21-700 adalah pesawat penumpang dengan kapasitas paling kecil di kelompok ARJ 21. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: