INI DIA Maskapai Indonesia Pertama yang Pakai Pesawat Buatan China, Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

INI DIA Maskapai Indonesia Pertama yang Pakai Pesawat Buatan China, Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Transnusa menjadi maskapai pertama di Indonesia yang memakai pesawat buatan China ARJ21-700 dan sempat melakukan latihan di Bandara Kertajati Majalengka.-aba & embun/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJENGKA.COM – Maskapai pertama di Indonesia yang memakai pesawat buatan China, telah melangsungkan latihan di Bandara Kertajati Majalengka.

Pesawat Comac ARJ21-700 yang merupakan produksi dari Commercial Aircraft Corporation of China (Comac) di Shanghai, China, menjalani latihan touch and go di Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka.

Transnusa yang menggunakan pesawat tersebut, merupakan maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan pesawat buatan China.

Sekaligus menjadi maskapai perdana yang mengoperasikan Comac di luar China. Karenanya, kehadiran unit baru ini di Indonesia pun cukup mengundang perhatian.

BACA JUGA:Jembatan Baru Tol Cisumdawu Dikerjakan Setengah Dulu Demi Mudik? Lihat Penampakannya

Saat radarmajalengka.com melihat tampilan visualnya, sepintas terlihat mirip CRJ Bombardier 1000 yang pernah digunakan oleh Garuda Indonesia untuk penerbangan rute pendek.

Mesin jet Comac ARJ21-700 ditempatkan di belakang, sama dengan CRJ Bombardier 1000 yang merupakan pesawat produksi Kanada.

Belum lama ini, pesawat Comac ARJ21-700 yang dipakai Transnusa sempat melaksanakan latihan touch and go di Bandar Udara Internasional Kertajati.

Dikutip dari laman Airlines-inform dan Aerospace technology, pesawat Comac ARJ21-700 telah beroperasi tahun 2009.

BACA JUGA:Detik-detik Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Pilot Sampaikan Hal Ini

Pesawat penumpang tersebut, sebelumnya hanya digunakan di dalam negeri. Karenanya, Transnusa menjadi maskapai pertama yang menggunakan di luar China.

Adapun maskapai lain yang pernah menggunakan pesawat ini adalah Chengdu Airlines, Air China, China Eastern Airlines, China Southern Airlines.

Sebagai informasi, ARJ21-700 adalah pesawat penumpang dengan kapasitas paling kecil di kelompok ARJ 21. 

Ukurannya yakni, panjang 33,5 meter, tinggi 8,4 meter, area sayap 79,9 meter persegi. Berat kosong yakni 25 ribu kilogram dan berat maksimal saat terbang atau take off adalah 45 ribu kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: