Kondisi Riil TOL CISUMDAWU yang Ditargetkan Beroperasi 15 April 2023, Yakin Bisa?

Kondisi Riil TOL CISUMDAWU yang Ditargetkan Beroperasi 15 April 2023, Yakin Bisa?

Kondisi pembangunan Tol Cisumdawu yang ditargetkan akan beroperasi 15 April 2023 untuk mudik. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Punten Moal Dipilih Deui Spanduk Ridwan Kamil Soal Jalan Rusak Rakyat Balangsak Muncul Lagi

Tetapi main road di Seksi 5A Cipamekar ke arah Kertajati, sebagian sudah dilakukan pengerasan dan beton dasar.

Di Seksi 5A juga masih ada pembangunan jalan di Desa Cipamekar, Desa Conggeang Kulon, dan Desa Cacaban.

Secara umum, badan jalan di Seksi 5A Tol Cisumdawu masih belum tersambung sepanjang 2 kilometer atau total yang sudah dibeton saat ini 4,5 kilometer dari target 6,5 kilometer.

Pada seksi 5B, kondisinya kurang lebih sama. Main road yang belum terbangun dan terputus-putus berada di wilayah Desa Babakan Asem, dan sebagian Desa Cipelang.

BACA JUGA:TERUNGKAP, Ini Mesin yang Diangkut Pesawat Antonov ke Bandara Kertajati Majalengka, Dibawa ke Cilegon Banten

Kemudian ada pembangunan Jembatan Gunung Puyuh sepanjang 204 meter dengan target 45 hari kerja.

Kendati masih dalam tahap konstruksi namun berdasarkan laporan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), pembangunan akan selesai pada 15 April 2023.

"Kabar gembira perlu saya sampaikan. Berfungsinya Jalan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati tanggal 15, April 2023," kata Menteri Perhubungan, di Jakarta, Jumat malam, 23, Maret 2023.

Mengenai status pengoperasian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, menurut menhub, hal tersebut menjadi kewenangan dari Kementerian PUPR.

BACA JUGA:WARGA MAJALENGKA Jangan Lupa Nonton, Daffa Fasya Malam Ini Bersama Timnas Indonesia vs Burundi

"Tentu policy tentang fungsional atau efektif berada di PUPR. Fungsional hampir bisa dipastikan, mungkin ada dinamika bergeser 1 sampai 2 hari," kata Menhub, menyampaikan hasil rapat dengan presiden di Istana Negara.

Beroperasinya Tol Cisumdawu pada 15, April 2023 tentu saja hanya berselang beberapa hari dengan arus mudik yang diprediksi terjadi mulai 19, April.

Sebab, presiden sudah meminta agar cuti bersama dimajukan yakni mulai tanggal 19 April. Bahkan, menurut menhub, presiden juga meminta perusahaan khususnya swasta untuk membayarkan THR (tunjangan hari raya) lebih cepat.

"Sehingga kita harapkan tanggal 18 malam, masyarakat sudah mulai mudik. Karena tanggal 19 sudah cuti bersama," ujar Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: