Mengenal TOL CISUMJATI, Nama Baru Pengganti Cisumdawu Usulan dari Bupati Majalengka

Mengenal TOL CISUMJATI, Nama Baru Pengganti Cisumdawu Usulan dari Bupati Majalengka

Tol Cisumjati nama baru pengganti Cisumdawu yang diusulkan Bupati Majalengka, Karna Sobahi.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:EPIK! Penampakan Cekungan TOL CISUMDAWU di Seksi 5A Cipamekar, Butuh 80 Ribu Meter Kubik Urugan

Terkait perubahan nama itu, sebelumnya juga sempat disinggung oleh Camat Dawuan, Uju Gustawan SE yang meminta agar ada exit tol tambahan ke Kabupaten Majalengka.

Bahkan dia meminta agar ada gerbang tol yang dibuat ke Kecamatan Dawuan, agar nama Tol Cisumadwu bisa dipertahankan.

Tetapi, usulan dari Uju tidak sekadar hanya menggugurkan terkait dengan nama tol tersebut. Melainkan adanya aspek kebutuhan dari masyarakat atas adanya gerbang tol di wilayahnya.

"Di sini banyak bus berhenti menaikan dan menurunkan penumpang di dalam tol. Apa sebaiknya dibuat gerbang tol saja di Dawuan," kata Uju.

BACA JUGA:TERNYATA! Penumpang Terbanyak Bandara Kertajati dari Bandung, PT BIJB Siapkan Armada Travel sampai ke Tasik

Sepert diketahui, Jalan Tol Cisumdawu meski menjadi penghubung antara Bandung dengan Majalengka, tetapi sesungguhnya seluruh main road berada di wilayah Kabupaten Sumedang.

Bahkan, seluruh gerbang tol dari ruas jalan sepanjang 62,60 kilometer tersebut juga ada di Kota Tahu. Di Majalengka yang ada hanya akses penghubung saja ke Tol Cipali.

Tol Cisumdawu dimulai dari Km 0 di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung dan memiliki 6 Seksi yang seluruhnya ada di Kabupaten Sumedang.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Majalengka hanya ada Simpang Susun Dawuan yang merupakan akses penghubung dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama ke Tol Cipali.

BACA JUGA:DIKEBUT! Penampakan Jembatan Kedua Terpanjang di TOL CISUMDAWU, Dikerjakan Siang Malam

Demikian alasan dari Bupati Majalengka mengusulkan nama Tol Cisumjati untuk menggantikan Cisumdawu yang saat ini masih digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: