Mengenal TOL CISUMJATI, Nama Baru Pengganti Cisumdawu Usulan dari Bupati Majalengka

Mengenal TOL CISUMJATI, Nama Baru Pengganti Cisumdawu Usulan dari Bupati Majalengka

Tol Cisumjati nama baru pengganti Cisumdawu yang diusulkan Bupati Majalengka, Karna Sobahi.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Nama Tol Cisumjati tiba-tiba muncul dan diusulkan sebagai pengganti Cisumdawu yang selama ini digunakan.

Munculnya nama Tol Cisumjati diharapkan dapat menggantikan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang mengalami perubahan.

Salah satu yang menggaungkan nama Tol Cisumjati adalah Bupati Majalengka, Karna Sobahi, dengan alasan mengacu pada kondisi faktual di lapangan.

"Ya mungkin bagusnya mah Cisumjati. Iya lah, nggak ada Cisumdawu. Itu mah bahasa yang dulu," kata Bupati Karna, kepada radarmajalengka.com.

BACA JUGA:SUDAH MARET Tol Cisumdawu Masih Seperti Ini, Target Dipakai Mudik Bisa Ambyar

Kondisi faktual yang dimaksud bupati adalah tidak dilewatinya wilayah Kecamatan Dawuan sebagai bagian dari Tol Cisumdawu.

Trase Jalan Tol Cisumdawu dari Seksi 1 sampai dengan 6 dimulai dari Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kemudian berakhir di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang. Adapun yang berada di wilayah Majalengka hanya sedikit saja.

Yakni, Simpang Susun Dawuan yang sebenarnya juga berada di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:PANTAS Nggak Selesai-selesai, Begini Kondisi Pembangunan TOL CISUMDAWU di Seksi 5A, Luar Biasa Sulit!

Mulanya, Tol Cisumdawu memang melintasi Kecamatan Dawuan. Tetapi, dalam perjalanan pembangunannya berubah dan berakhir di Kertajati.

Adapun untuk mempertahankan nama Cisumdawu, diberikanlah nama Dawuan untuk simpang susun atau junction yang ada di Kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan (Cipali).

Oleh karena itu, Karna menilai, Cisumdawu adalah istilah lama dan kadung digunakan. Masyarakat juga sudah latah memakai nama itu.

"Cisumdawu kan istilah lama, orang masih latah pakai istilah itu," kata Karna, terkait dengan nama jalan tol Bandung - Kertajati itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: