MANTAP! Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Lebaran Nanti, Majalengka Jadi Titik Pertemuan

MANTAP! Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Lebaran Nanti, Majalengka Jadi Titik Pertemuan

Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh pada arus mudik dan balik Lebaran 2023.-PT CKJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Lebaran 2023 bakal menjadi momen Jalan Tol Cisumdawu bakal beroperasi penuh, yang dimulai dari tahap awal fungsional pada Februari atau Maret 2023.

Kepastian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan beroperasi penuh saat mudik dan arus balik Lebaran 2023, disampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian. 

Menurut Hedy, dari perkembangan terkini diharapkan Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi penuh saat Lebaran nanti, untuk menunjang lalu lintas mudik dan arus balik.

Dengan demikian, arus lalu lintas di Tol Cipularang, Jakarta Cikampek dan Cipali dapat sedikit berkurang. Sebab, sebagian lalu lintas kendaraan teralihkan ke ruas Cisumdawu.

BACA JUGA:SISA 9 Hari Lagi, Target TOL CISUMDAWU Selesai Sulit untuk Tercapai

Menariknya, dengan beroperasinya Tol Cisumdawu, bakal ada titik temu baru di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Sebab, di lokasi tersebut ada pertemuan antara Tol Cipali dengan Tol Cisumdawu.

Sebab, lalu lintas dari arah Jakarta akan bertemu dengan kendaraan dari arah Bandung yang masuk ke Tol Cipali via Junction Dawuan. 

Terkait rencana operasi Tol Cisumdawu, Hedy mengatakan jalan tol yang siap fungsional saat Lebaran 2023.

"Ini pendek-pendek, tetapi sifatnya menyambungkan sehingga perannya sangat pentin," tutur Hedy, seperti dilansje dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

BACA JUGA:POTRET Jembatan Setinggi Gedung 8 Lantai di TOL CISUMDAWU, Lokasinya Dekat Perbatasan ke Majalengka

Menurut dia ruas tol baru yang sudah dapat dilintasi saat mudik lebaran adalah Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu). 

Yakni, Seksi 6A dan 6B (Ujung Jaya – Dawuan) sepanjang 5,10 km, Tol Cisumdawu Seksi 4A dan 4B (Cimalaka – Legok) sepanjang 8,20 km, dan Tol Cisumdawu Seksi 5A dan 5B (Legok – Ujung Jaya) sepanjang 14,90 km.

“Tol Cisumdawu kita harapkan Lebaran nanti full operasi, sehingga juga memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung Lebaran dari Bandung menuju ke Kertajati atau sebaliknya,” kata Hedy. 

Dia menambahkan, setelah terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: