POTRET Jembatan Setinggi Gedung 8 Lantai di TOL CISUMDAWU, Lokasinya Dekat Perbatasan ke Majalengka

POTRET Jembatan Setinggi Gedung 8 Lantai di TOL CISUMDAWU, Lokasinya Dekat Perbatasan ke Majalengka

Jembatan di Seksi 5 Tol Cisumdawu. -rochamedia-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Seksi 5B Tol Cisumdawu memiliki 1 bangunan yang menarik, yakni Jembatan Kedondong di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. 

Jembatan Kedondong merupakan yang terpanjang di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, dengan panjangnya mencapai 744 meter.

Lokasi Seksi 5B Tol Cisumdawu ini, berada di perbatasan dengan Seksi 6 Ujung Jaya. Yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, tepatnya di Kecamatan Kertajati. 

Ada sejumlah sisi menarik dari jembatan ini, selain panjangnya yang hampir mencapai 1 kilometer. Tetapi juga karena faktor teknis yang melatarbelakangi pembangunannya. 

BACA JUGA:POTRET LAWAS Jalan Tol Tertua di Indonesia, Dulu Jadi Landas Pacu Pesawat Tempur

Sebab, jembatan tersebut berdiri bukan di atas sungai. Tetapi di lokasi tanah yang labil, dan tidak bisa langsung dibangun jalan di atasnya. 

Hal menarik lainnya, di Seksi 5 Tol Cisumdawu terdapat dua jembatan yang panjang. Yakni, Jembatan Conggeang sepanjang 636 meter dan  Jembatan Kedondong sepanjang 744 meter. 

Berdasarkan spesifikasi teknis, panjang Jembatan Kedondong menacapai 744 meter yang berada di  antara STA 48+885 sampai ke STA 47+729.

Bangunan ini, ditopang dengan pier head yang memiliki lebar 34,1 meter dan sekaligus menjadi penyangga dari balok girder untuk lantai jembatan.

BACA JUGA:SIMAK RINCIAN Seksi Tol Cisumdawu yang Beroperasi untuk Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Majalengka Masih Gratis

Nantinya, di atas jembatan akan dibangun jalan dengan jumlah lajur 4, dan jalur 2 yakni ke arah Bandung dan ke arah Majalengka.

Karena panjang jembatan tersebut, jumlah pier head yang menopang pun sangat banyak yakni 17 buah.

Pier head tersebut dibangun dengan fondasi ke dalam tanah, atau sampai ke lapisan struktur tanah keras. Sehingga dapat menopang konstruksi jembatan.

Hal yang tidak kalah menarik, pada sisi terdalam di area tebing, tinggi pier head mencapai antara 7,6 meter sampai dengan 26 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: