POTRET LAWAS Jalan Tol Tertua di Indonesia, Dulu Jadi Landas Pacu Pesawat Tempur

POTRET LAWAS Jalan Tol Tertua di Indonesia, Dulu Jadi Landas Pacu Pesawat Tempur

Potret lawas jalan tol tertua di Indonesia di masa awal beroperasi.-Jasa Marga-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Sudah tahu di mana jalan tol tertua di Indonesia? Ya, inilah tol Jagorawi atau Jakarta, Bogor dan Ciawi.

Ruas Jalan Tol Jagorawi menjadi yang tertua sekaligus pertama dimiliki Indonesia, pada tahun 1978. Tetapi, pembangunannya dilakukan sejak 1976.

Presiden RI, Soeharto yang meresmikan penggunaannya untuk umum ketika itu. Mulanya, akses jalan tol ini hanya memiliki panjang sekitar 59 kilometer.

Sebelum akhirnya terus berkembang dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa dan jaringan jalan bebas hambatan di Indonesia.

BACA JUGA:SIMAK RINCIAN Seksi Tol Cisumdawu yang Beroperasi untuk Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Majalengka Masih Gratis

Melansir publikasi Jasa Marga, ada fakta menarik terkait dengan Tol Jagorawi. Sebab, sebelum digunakan sebagai jalan tol, infrastruktur yang sudah  terbangun sempat dipakai untuk landas pacu darurat pesawat tempur.

Fakta menarik lainnya adalah jalan tol ini dibangun untuk menopang kelancaran distribusi dari dan menuju lokasi pabrik semen Cibinong.

Selain tentunya menghubungkan perjalanan juga sarana transportasi dari Jakarta Ciawi dan Bogor. 

Sampai dengan saat ini, Jalan Tol Jagorawi masih beroperasi dan dipakai untuk perjalanan antara Jakarta ke Kota dan Kabupaten Bogor.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beroperasi Penuh saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Majalengka Tak Sampai 1 Jam

Sejak diresmikan dan digunakan untuk umum, Tol Jagorawi telah menorehkan sejumlah prestasi seperti Jalan Tol Terbaik 2021 dalam penilaian berkelanjutan yang diselenggarakan Kementerian PUPR.

Meraih sertifikasi internasional jalan tol berkeselamatan rating bintang 3 dari iRap pada tahun 2021.

Pengelola jalan tol terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang lebih dari 50 kilometer tahun 2022 dari Kementerian PUPR.

Selain Tol Jagorawi, juga ada tol tertua yang beroperasi di Pulau Sumatera yakni, Jalan Tol Belawan - Medan - Tj Morawa (Belmera) sepanjang 34 Km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: