SIMAK RINCIAN Seksi Tol Cisumdawu yang Beroperasi untuk Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Majalengka Masih Gratis

SIMAK RINCIAN Seksi Tol Cisumdawu yang Beroperasi untuk Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Majalengka Masih Gratis

Tol Cisumdawu sebagian masih gratis saat mudik lebaran 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh untuk perjalanan mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Sebagian seksi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dipastikan masih gratis saat beroperasi untuk kebutuhan mudik dan arus balik.

Pasalnya, sebagian ruas Tol Cisumdawu masih dalam status fungsional atau beroperasi secara darurat untuk kebutuhan masyarakat.

Melihat progres terkini, Jalan Tol Bandung ke Majalengka itu, kemungkinan akan berstatus fungsional di Seksi 4 sampai dengan 6.

BACA JUGA:FAKTA TOL CISUMDAWU yang Ternyata Tidak Sampai Dawuan, Diusulkan Ganti Nama Cisumjaya atau Cisumjati

Sedangkan untuk Seksi 1 sampai dengan 3 kemungkinan pada arus mudik tahun ini, sudah berbayar atau dikenakan tarif. Dengan perkiraan sementara ini mencapai sekitar Rp 30 ribuan.

Untuk yang akan melintasi Tol Cisumdawu pada arus balik dan mudik nanti, perlu mengetahui pembagian seksi dari ruas jalan tol sepanjang 62,60 kilometer itu.

Berikut Ruas atau Seksi Tol Cisumdawu:

  • Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) telah beroperasi sejak Januari 2022. Sudah dikenakan tarif yakni Rp 11 ribu untuk kendaraan golongan 1.
  • Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) yang telah beroperasi sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023. Saat ini belum dikenakan tarif dan berstatus masih fungsional.
  • Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) telah beroperasi dengan kontraktor pelaksana PT Girder Indonesia. Saat ini sudah beroperasi dalam status fungsional dan belum bertarif.
  • Seksi 4A dan 4B Cimalaka-Legok (8,2 km), progres konstruksi telah mencapai 91% dan 94,8% dengan PT Wijaya Karya serta PT Brantas Abipraya selaku kontraktor pelaksana.
  • Seksi 5A dan 5B Legok-Ujung Jaya (14,9 km), konstruksi dilaksanakan oleh PT Adhi Karya dan PT Girder Indonesia dengan progres 81,76% dan 84,36%.
  • Terakhir, Seksi 6A dan 6B Ujung Jaya-Dawuan (6,065 km), konstruksi jalan tol telah selesai dilaksanakan oleh PT Girder Indonesia dan PT Brantas Abipraya.

BACA JUGA:MASIH BINGUNG KE MANA? Ini 5 Rekomendasi Wisata dari Tol Cisumdawu, Lewat Gerbang Tol Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyatakan, dirinya terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km).

“Akhir Februari ditargetkan fungsional. Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” pesan Menteri Basuki.

Tentunya diharapkan seluruh seksi Tol Cisumdawu dapat selesai sesuai dengan jadwal dan pada akhir Februari atau paling terlambat awal Maret 2023 sudah beroperasi secara fungsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: