TOL CISUMDAWU Beroperasi Penuh saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Majalengka Tak Sampai 1 Jam

TOL CISUMDAWU Beroperasi Penuh saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Majalengka Tak Sampai 1 Jam

Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh untuk melayani perjalanan mudik lebaran dari Bandung ke Majalengka.-Rochamedia/Youtube-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh saat mudik lebaran 2023 nanti, dan tersambung antara Bandung ke Kabupaten MAJALENGKA.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, perjalanan mudik dari Bandung ke Majalengka dan Cirebon diperkirakan tidak sampai 1 jam.

Tentunya ekspektasi waktu tempuh tersebut bergantung pada kondisi lalu lintas, tetapi dalam kondisi normal dengan jarak hanya 62 kilometer tentu saja waktu tempuh berkisar antara 45 menit sampai dengan 1 jam.

Terkait rencana beroperasi Tol Cisumdawu, dikabarkan oleh Dirjen Bina Marga, Hedy Rahadian dalam beberapa kesempatan.

BACA JUGA:FAKTA TOL CISUMDAWU yang Ternyata Tidak Sampai Dawuan, Diusulkan Ganti Nama Cisumjaya atau Cisumjati

"Kita berharap setelah terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi," kata Hedy.

Diungkapkan dia, Tol Cisumdawu juga dapat menjadi penggerak peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya konektivitas dari Bandung menuju ke Kertajati.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT CKJT.

BACA JUGA:MASIH BINGUNG KE MANA? Ini 5 Rekomendasi Wisata dari Tol Cisumdawu, Lewat Gerbang Tol Ini

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, kecepatan akses ini akan sangat menguntungkan masyarakat Cirebon.

Menurut Kang Emil, pada awal bulan depan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah beroperasi secara fungsional dan terhubung antara Bandung ke Majalengka dan Cirebon.

"Dulu perjalanan Badung ke Cirebon itu 3 jam lewat Tol Cipali dan 6 jam lewat jalur lama Cadas Pangeran. Nanti cukup 1 jam saja lewat Tol Cisumdawu," kata Kang Emil, saat berkunjung ke Cirebon, belum lama ini.

Seperti diketahui, saat ini Seksi 1 sampai Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) telah beroperasi dengan kontraktor pelaksana PT Girder Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: