15 HARI LAGI Jalan Tol Terindah di Indonesia Selesai, Bandung ke Majalengka 45 Menit

15 HARI LAGI Jalan Tol Terindah di Indonesia Selesai, Bandung ke Majalengka 45 Menit

Update progres pembangunan jalan tol terindah di Indonesia atau Tol Cisumdawu. -BPJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Hanya tersisa 15 hari lagi Jalan Tol Cisumdawu dijuluki Tol terindah di Indonesia akan beroperasi atau tepatnya akhir Februari 2023.

Target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan beroperasi secara fungsional pada akhir bulan ini, ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. 

Menurut Menteri Basuki, saat ini masih ada pekerjaan konstruksi di Seksi 4 dan 5. Namun, diyakinkan dapat dituntaskan sebelum Maret. Sehingga dapat beroperasi secara fungsional.

Setelah melihat kondisi di lapangan, Menteri PUPR mengaku sangat yakin bahwa proyek tersebut selesai sesuai target. Meski ada beberapa catatan yang disampaikan.

BACA JUGA:6 Fakta Progres TOL CISUMDAWU yang Katanya Nyambung ke Majalengka Akhir Februari, Simak Baik-baik

Misalnya terkait dengan manajemen waktu di Seksi 5B. Dirinya menginginkan agar ada perubahan, sehingga dapat berjalan dengan efektif dan selesai sesuai dengan harapan. 

Sedangkan di Seksi 4 mendapat apresiasi dari Menteri Basuki, karena pekerjaannya sudah hampir tuntas. Atau secara progres di atas 80 persen. 

Menteri Basuki juga terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km) yang ditargetkan akhir Februari dapat beroperasi fungsional.

BACA JUGA:15 HARI LAGI Tol Cisumdawu Jadi, Bandung ke Majalengka Masih Gratis, Lewat Gerbang Tol Ini

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terliha," kata Menteri Basuki. "Sementara Seksi 5A dan 5B untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktunya," pesan Menteri Basuki.

Dikutip dari laporan Kementerian PUPR, Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 km) telah beroperasi sejak Januari 2022 dan sudah dikenakan tarif. Akses ini, terkoneksi langsung ke Jalan Tol Cileunyi untuk masuk ke Bandung. 

Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (4,8 km). Rute ini juga sudah beroperasi, tetapi masih belum dikenakan tarif. Sebab, belum ada keputusan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait penetapan tarifnya. 

Berikutnya, Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 km). Seperti di Seksi 2 yang telah beroperasi sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: