Tol Cisumdawu Beroperasi, BIJB Kertajati Buka Rute Penerbangan ke Daerah Ini, Cek di Sini

Tol Cisumdawu Beroperasi, BIJB Kertajati Buka Rute Penerbangan ke Daerah Ini, Cek di Sini

BIJB Kertajati akan kembali membuka 12 rute penerbangan domestik dan internasional setelah Tol Cisumdawu beroperasi.-Yuda Sanjaya/Dok-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalangka, akan kembali membuka rute penerbangan domestik dan internasional setelah Tol Cisumdawu beroperasi.

Saat ini, Bandara Kertajati masih melayani penerbangan setiap harinya untuk kargo dan untuk umrah pada jadwal tertentu.

Tetapi, setelah Tol Cisumdawu beroperasi, Bandara Kertajati akan kembali melayani rute penerbangan domestik dan internasional.

Ada sejumlah jadwal penerbangan dan kota yang dibidik untuk penerbangan penumpang komersial terjadwal.

BACA JUGA:Selain Terowongan, Tol Cisumdawu Punya Jembatan Ikonik, 2 Sekaligus Loh dan Ada di Lokasi Ini

Terutama menuju dan dari kota-kota yang memang banyak peminat untuk penerbangan penumpang. Sejumlah maskapai juga dikabarkan turut berminat untuk kembali ke BIJB kertajati.

Salah satu yang telah menyatakan minatnya adalah Airasia yang menantikan Tol Cisumdawu tersambung dan nantinya akan membuka rute penerbangan baru dari Bandara Kertajati Majalengka.

Karena itu, maskapai tersebut sangat menantikan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan selesai, untuk kemudian merencanakan pembukaan rute penerbangan.

Kondisi serupa juga berlaku untuk maskapai lainnya yang menunggu Jalan Tol Cisumdawu beroperasi penuh, sehingga dapat menjadi akses masyarakat dari Bandung ke Kertajati.

BACA JUGA:UPDATE TERKINI, Tol Cisumdawu Maret 2023 Selesai, Pak Bupati Minta Doa, Mohon Didoakan Nyambung ke Kertajati

Vice President of Corporate Secretary PT BIJB, Dian Nurrahman mengatakan, pangsa pasar penumpang Bandara Kertajati mayoritas dari Bandung.

Karena itu, operasional bandara sangat bergantung pada pengoperasian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu yang saat ini baru sampai Seksi 3 Cimalaka.

Dian mengungkapkan, hal tersebut adalah hasil survei internal dari BIJB Kertajati pada tahun 2019. Tergambar dari survei itu, penumpang terbanyak berasal dari Kota dan Kabupaten Bandung.

"Survei internal tahun 2019, Bandung adalah penyumbang penumpang terbesar yang pergi dan berangkat dari BIJB Kertajati," kata Dian, kepada radarmajalengka.com, belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: