Selain Terowongan, Tol Cisumdawu Punya Jembatan Ikonik, 2 Sekaligus Loh dan Ada di Lokasi Ini

Selain Terowongan, Tol Cisumdawu Punya Jembatan Ikonik, 2 Sekaligus Loh dan Ada di Lokasi Ini

Bangunan ikonik Tol Cisumdawu salah satunya jembatan terpanjang di Kecamatan Conggeang.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu punya 2 jembatan ikonik, selain terowongan kembar atau twin tunnel yang ada di Kabupaten Sumedang.

Jembatan ikonik Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu tersebut, berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Dua jembatan tersebut, bahkan lokasinya berdekatan dan ada salah satu yang terpanjang di sepanjang ruas jalan bebas hambatan tersebut.

Karena itu, ikon dari Tol Cisumdawu bukan hanya terowongan kembar, tetapi ada juga jembatan terpanjang. Bahkan, nantinya ada rest area mewah dengan outlet kelas dunia.

BACA JUGA:UPDATE TERKINI, Tol Cisumdawu Maret 2023 Selesai, Pak Bupati Minta Doa, Mohon Didoakan Nyambung ke Kertajati

Jembatan yang dimaksud ada di Seksi 5A dan Seksi 5B di Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Yakni, Jembatan Conggeang sepanjang 636 meter dan Jembatan Kedondong sepanjang 743,5 meter.

Karenanya, Jembatan Conggeang adalah yang terpanjang di Tol Cisumdawu bila nanti dioperasikan pada Maret 2023. Saat ini, jembatan terpanjang Tol Cisumdawu adalah Sinapel dengan panjang kurang lebih 400 meteran.

Dengan adanya 2 jembatan terpanjang, Tol Cisumdawu akan memiliki banyak ikon menarik. Termasuk adanya rest area yang disambungkan dengan skywalk.

Di lokasi saat ini sedang dilakukan pemasangan balok girder ke pier head dan dilakukan percepatan dengan pengerahan sejumlah alat berat.

BACA JUGA:PENAMPAKAN TERKINI Tol Cisumdawu, Semakin Terlihat Perkembangannya, Lebaran Dipakai Mudik

Dari pantauan visual, terlihat di Jembatan Conggeang dikerahkan 2 launcher girder untuk mempercepat pengerjaan. Sehingga pemasangan girder ke pier head dilakukan dari 2 sisi.

Tidak hanya itu, pekerjaan juga dilakukan secara paralel, karena setelah dilakukan pemasangan balok girder juga dilakukan pengecoran untuk akses jalan.

Saat ini, di sekitar Jembatan Conggeang juga sudah dilakukan pembangunan main road dari kedua sisi baik dari arah Bandung maupun Kertajati.

Berikutnya adalah Seksi 5B, di area ini juga cukup rumit pengerjaannya, karena terdapat jembatan terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu dan struktur tanah yang labil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: