TIDAK ADA ALASAN, Tol Cisumdawu Harus Segera Jadi, Sudah Ada Warning dari Pak Bas, Ternyata...

TIDAK ADA ALASAN, Tol Cisumdawu Harus Segera Jadi, Sudah Ada Warning dari Pak Bas, Ternyata...

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memasang target Tol Cisumdawu selesai akhir Februari 2023.-Basuki Hadimuljono/Ig-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu diproyeksikan tuntas pada Maret 2023 oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku pengelola. 

Tapi, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginginkan lebih cepat yakni akhir Februari 2023.

Menteri Basuki meminta agar Tol Cisumdawu segera tersambung dari Cileunyi sampai Kertajati, Kabupaten Majalengka. Sebab, menurut dia akses ini sangat penting.

Bahkan, bukan hanya tersambung. Saking pentingnya, Menteri Basuki minta agar jalan tol ini segera beroperasi. Sebab, keberadaannya akan sangat menentukan.

BACA JUGA:SIAP-SIAP, Setelah Tol Cisundawu Dibuka Total, Kadipaten Bakal Menjadi Wajah Majalengka, Harus Berbenah!

Pak Bas -sapaan akrabnya- menyatakan, perkembangan perekonomian di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu sangat memerlukan Tol Cisumdawu sebagai akses penghubung ke Bandung.

Tidak hanya itu, urgensi kedua adalah penghubung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka. Selama ini, bandar udara tersebut kesulitan melayani penerbangan penumpang, karena faktor akses.

"(Tol) Cisumdawu mudah-mudahan ini secara total dapat dioperasikan akhir Februari atau awal Maret," ujarnya dalam rapat kerja Komisi V DPR RI, belum lama ini.

Diakui Basuki, pengelola tol kabarnya memproyeksikan bahwa proyek tersebut 100 persen terhubung pada Maret nanti. Tetapi, rupanya dia meminta agar dipercepat menjadi akhir Februari atau awal Maret 2023.

BACA JUGA:Ada Tol Cisumdawu, Jalan Cadas Pangeran Sumedang Bakal Tinggal Kenangan?

Sementara itu, menurut Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo, saat rapat dengan Menteri PUPR, disampaikan sudah memberikan satu warning kepada semua kontraktor pekerja Jalan Tol Cisumdawu.

Warning disampaikan supaya pertengahan tahun 2023 itu sudah selesai sudah dan Tol Cisumdawu beroperasi, sehingga bisa menunjang Bandara Kertajati.

“Kita lihat nanti, cuman saya wanti-wanti juga kepada Kementerian Perhubungan supaya tidak meleset lagi asumsi itu ya,” tegas dia. 

Disampaikan Sudewo, dirinya juga sempat mempertanyakan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), apakah benar Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu menjadi penyebab bandara belum optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: