Ada Tol Cisumdawu, Jalan Cadas Pangeran Sumedang Bakal Tinggal Kenangan?

Ada Tol Cisumdawu, Jalan Cadas Pangeran Sumedang Bakal Tinggal Kenangan?

Jalan Cadas Pangeran Sumedang apakah akan ditinggalkan karena ada Tol Cisumdawu.-DBMTR Provinsi Jabar-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Keberadan Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan atau Tol Cisumdawu bakal membuat Jakan Cadas Pangeran ditinggalkan pengendara mobil pribadi dari Cirebon ke Bandung dan sebaliknya.

Keberadaan Tol Cisumdawu membuat pengendara dari wilayah Cirebon tidak perlu lagi lewat Jalan Cadas Pangeran Sumedang, karena secara otomatis terlewati.

Dengan baru selesai sampai Seksi 3 Tol Cisumdawu saja, pengendara tidak perlu lagi melintas di Jalan Cadas Pangeran Sumedang, karena langsung ke Cimalaka.

Apakah Jalan Cadas Pangeran akan ditinggalkan? Tentu saja tidak. Akses ini tetap penting bagi pengendara karena menghubungkan menuju Kota Sumedang.

BACA JUGA:DEKAT DARI CIREBON: Ini 3 Tempat Wisata Viral di Majalengka, Perlu Masuk ke Whist List Liburan

Juga masih sangat menunjang bagi aktivitas angkutan barang dan masyarakat lokal. Apalagi, lokasinya hanay 6 kilometer di barat daya Kota Sumedang.

Pengendara sepeda motor juga akan tetap menggunakan jalur ini untuk bepergian, karena tidak masuk ke jalan tol

Akses Jalan Cadas Pangeran memang memiliki panjang hanya 11 kilometer. Tetapi namanya begitu kesohor, karena banyaknya kejadian menonjol di ruas tersebut.

Akses ini juga begitu bersejarah karena dibangun dan menjadi bagian dari Jalan Pos Gubernur Jenderal Belanda, Daendels.

BACA JUGA:SEGAR! Ada Wisata Air Majalengka Dekat Tol Cisumdawu Loh, Bisa Foto dengan Ikan

Setelah 214 tahun setelah dibangun di masa pemerintahan Daendels, kini beban Jalan Cadas Pangeran akan sedikit berkurang.

Sebenarnya, Jalan Cadas Pangeran bukan kali ini saja ditinggalkan. Sejak adanya Tol Cikopo Palimanan atau Cipali, pengendara dari Cirebon ke Bandung juga sudah menggunakan Tol Cipularang.

Sebab, meski jarak tempuhnya memutar melalui Cikopo, Purwakarta dan Subang, tetapi jauh lebih cepat ketimbang lewat Sumedang.

Kini, setelah adanya Tol Cisumdawu, kondisinya kurang lebih sama. Yakni, Jalan Cadas Pangeran akan kembali berkurang dari sisi lalu lintas, karena teralihkannya lalu lintas ke Bandung dan sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: