SUDAH BISA DILEWATI MOBIL, Progres Tol Cisumdawu di Seksi 6A yang Terhubung ke Majalengka

SUDAH BISA DILEWATI MOBIL, Progres Tol Cisumdawu di Seksi 6A yang Terhubung ke Majalengka

Progres Tol Cisumdawu Seksi 6A Ujung Jaya yang terhubung ke Kabupaten Majalengka, sudah bisa dilewati mobil tetapi belum dibuka untuk umum.-BPJT-radarmajalengka.com

BACA JUGA:WOW KEREN! Bakal Ada 30 Hotel di Rest Area Tol Trans Jawa, Tol Cipali Juga, Swiss-Belexpress Sudah Siap

Panjang Jembatan Kedondong Tol Cisumdawu tersebut mencapai 743,5 meter atau hampir 1 kilometer.

Pekerjaan di lokasi saat ini adalah pembuatan pier head yang merupakan penyangga dari girder. Sebelum nantinya dibangun jalan persis di atasnya.

Saat ini jembatan terpanjang terpanjang di Tol Cisumdawu yang sudah beroperasi adalah Jembatan Sinapel dengan panjang 430 meter.

Tetapi, gelar itu bakal kalah dengan Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter dan Jembatan Kedondong sepanjang 743,5 meter.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beres, BIJB Kertajati Malah Dijual, Investor India Cek TKP, Penjelasan Manajemen, Oh Ternyata

Keberadaan 2 jembatan d Seksi 5A dan 5B tersebut tentu menjadi sangat vital, agar Tol Cisumdawu dapat terhubung dari Bandung ke Majalengka.

Pembangunan jembatan di Seksi 5B tersebut memang unik, padahal di lokasi tidak ada sungai membentang. Tetapi lebih dikarenakan kondisi tanah yang sangat labil, dan setelah dilakukan pengeboran baru ditemukan tanah keras di kedalaman 40 meter.

Melihat kondisi itu, yang paling cocok adalah dibuatkan jembatan membentang sejauh 743,5 meter dari arah Cacaban di Seksi 5B Conggeang.

Dari pantauan yang sama, di sekitar Jembatan Kedondong juga belum terbangun main road yang dibeton sampai ke over pass Cacaban, Kecamatan Conggeang atau sekitar 1,5 sampai dengan 2 kilometer.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Tarif Tol Cisumdawu Terbaru Seksi I, II dan III Yuk Mumpung Masih Murah

Di kawasan ini, main road baru berbentuk perataan tanah untuk pembuatan struktur yang akan dilanjutkan dengan pembetonan.

Karena itu, pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 5A dan Seksi 5B baru memasuki progres dengan kisaran 60-70 persen saja pada Januari 2023.

Kondisi di Seksi 5A dan 5B yang berada di Kecamatan Conggeang memang kurang lebih sama. Di Seksi 5A juga terdapat Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter.

Tetapi, di Seksi 5A sebagian sudah terbangun overpass, underpass dan main road di sekitar Conggeang Kulon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: