Semarakan HUT ke- 77 Kemerdekaan RI, Kang Nana Mancing Bersama Warga Gandawesi

Semarakan HUT ke- 77 Kemerdekaan RI, Kang Nana Mancing Bersama Warga Gandawesi

Kang Nana menghadiri acara mancing bersama warga di sungai Cipinang Desa Gandawesi Kecamatan Ligung, Kamis (18/8). -almuaras-radarmajalengka

Radarmajalengka.id, LIGUNG-  Kandidat  Bupati Majalengka dari jalur independent,   Ir H Nana Ichan alias  Kang  Nana menghadiri acara mancing bersama warga di sungai Cipinang Desa Gandawesi Kecamatan Ligung, Kamis (18/8).

Ratusan warga antusias  memancing ikan lele yang  sengaja di tebar panitia untuk   dipancing warga. Bagi  warga yang beruntung  mendapatkan  ikan pertama langsung disawer Kang Nana  dengan sejumlah uang. Enjang Sulaeman (46)  warga setempat yang beruntung  mendapatkan ikan pertama kalinya.

Enjang mengaku senang selain mendapatkan ikan lele, ia mendapatkan bonus dari Kang Nana sebesar Rp.100 ribu.  Ia mengaku tidak menyangka akan mendapatkan rezeki  dari kandidat bupati  Majalengka.

Enjang mengaku sebelumnya tidak mengetahui sosok Kang Nana yang digadang- gadang  akan ikut Pemilukada Majalengka  tahun 2024 mendatang. Ia mengaku baru pertama kali  bertemu dan melihat sosok Kang Nana langsung, sekalipun selintas pernah  melihat di baligho.

BACA JUGA:Khidmat Upacara Bendera, Antusiasme 500 Bikers Aerox ikuti Merdeka Ride di Lembang - Bandung

Enjang melihat  sosok Kang Nana sederhana dan  bisa langsung berbaur dan  bergaul dengan warga meskipun baru dikenalnya. Enjang mengaku senang bisa mengikuti  mancing bersama warga di aliran sungai Cipinang yang melintas di Desa Gandawesi.

Ia mengaku baru tiga kali mengikuti  mancing bersama  dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tersebut. Warga  yang mendapatkan ikan lele berwarna kuning  juga mendapatkan bonus sebesar Rp. 50 ribu.

Sedangkan bagi warga yang mendapatkan ikan lele  dengan ada tulisan stiker BERKAH  mendapatkan door prize uang tunai dari  panitia  Tim Berkah Center  sebesar Rp. 20 ribu. Warga  yang berhasil  mendapatkan ikan tampak senang plus meraih door prize menarik dari panitia

Koordinator Tim Berkah Center Wilayah Utara Majalengka, Ir H Iwan Bambang Siswanto  menyebutkan sekitar 1,2 kwintal ikan lele  ditebar dan dipancing oleh warga dan langsung dibawa pulang  secara gratis.  

BACA JUGA:Kepala Desa Lojikobong Gelar Sepeda Santai dan Jalan Sehat

Menurut H Iwan, warga Desa Gandawesi  sangat antusias dengan kedatangan Kang Nana pada acara mancing bersama menyemarakan HUT ke 77 Kemerdekaan RI. Bahkan  Kang Nana  juga sebelumnya   telah memberikan sumbangan untuk pembangunan “Posko” atau Saung  yang ada diatas  kali Cipinang dan sejumlah saung direnovasi  hingga  layak untuk digunakan warga untuk bercengkrama.

Pemilik Pabrik Genteng MR Putra  asal Desa Burujul Kulon Kecamatan Jatiwangi  sangat mengapresiasi  kekompakan dan kegotongroyongan  warga Desa Gandawesi. Buktinya  untuk  akomodasi  kegiatan mancing bersama disediakan warga  secara swadaya  sehingga seluruh warga bisa  menikmati  makan siang bersama dengan menu pedesan entog dan  sambal  lalap spesial. Bahkan Kang Nana ikut menikmati hidangan  yang disuguhkan warga dengan lahapnya.

Kepala Desa Gandawesi, Dodo Suhada  menyebutkan  kegiatan mancing bersama  warga Gandawesi  merupakan rangkaian memeriahkan  HUT ke -77  kemerdekaan  RI. Menurut Kuwu Dodo, kegiatan mancing  bersama diatas kali Cipinang dilakukan rutin  setiap tahun.

Menurut Kades Dodo,  dengan kegiatan mancing  bersama ini  ada yang diuntungkan  yakni peternak ikan lokal lele. Karena  pada kegiatan mancing bersama ini, ikan yang  ditebar dan dipancing  adalah ikan lele lokal, karena warga  di Desa Gandawesi  banyak  yang melakukan  usaha  budi daya ikan  lele.  

BACA JUGA:Resmi Dilantik, Kolaborasi dan Sinergi dengan Perusahaan

“Dengan kegiatan mancing bersama ini   ekonomi  masyarakat jadi terangkat  dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, bahkan dengan adanya kerumunan warga ini   dapat memberikan rezeki bagi para pedagang keliling dan warga sekitar bisa berjualan,” kata Kades Dodo kepada Radar disela mancing bersama Kang Nana.

Diakuinya di desanya ada  ada kelompok ternak  dan memiliki olahan ikan  lele  hasil produksi kelompok wanita tani. Ia berharap kegiatan  seperti ini dapat sering dilakukan guna  peningkatan ekonomi  masyarakat.

Kades Dodo menambahkan  saat ini pihaknya tengah merampungkan pembangunan masjid Jami Al Hidayah Desa Gandawesi. Disebutkan Kades Dodo pembangunan masjid   tahap pertama dengan anggaran dsebesar Rp. 1,5 Milyar  dari bantuan yayasan  dan swadaya telah rampung   dan kini telah diselesaikan   selasar masjid  dengan anggaran Rp.  1,25  murni dari swadaya masyarakat dan kini pembangunan selasar  masjid  baru mencapai 20 persen.

Pada kesempatan itu, Kang Nana bersama tim BERKAH Center  sempat meninjau  pelaksanaan pembangunan selasar Masjid Al Hidayah sebelum  bertolak dari Desa Gandawesi.

BACA JUGA:Atraksi Debus dan Silat Pukau Warga Lengkong Kulon

Terpisah, Pengurus LPM Desa  Gandawesi, Oyo Warya (49) menyebutkan   LPM  bersama Karang Taruna Desa Gandawesi terus bersinergi rutin mengembangkan potensi  desa terutama di kalangan kepemudaan. Ia mengapresiasi Kang Nana bersama   tim Berkah Center  yang dapat hadir pada kegiatan mancing  di  kali Cipinang bersama warga Desa Gandawesi.

Diakui Oyo, semula dirinya tidak kenal dengan Kang Nana  yang digadang- gadang  bakal maju  untuk menjadi calon Bupati Majalengka pada tahun 2024 mendatang. Ia setuju dan sepakat bila Kang Nana maju dari calon independent atau perseorangan meskipun sangat berat  bila dibandingkan dengan jalur partai politik. “ Saya sendiri baru kenal  saat ini dan  kesan pertamanya sosok Kang Nana terlihat merakyat,” ujar Oyo.

Pria yang juga aktif di Karang Taruna  ini menyarankan menjelang Pemilukada yang masih 2 tahun lagi  di Kabupaten Majalengka, Kang Nana disarankan untuk  terus  turun ke lapangan agar lebih dikenal oleh masyarakat. Ia setuju dan mendukung Kang Nana yang akan maju  menjadi bupati Majalengka dari jalur independent.

Disebutkan warga Desa Gandawesi yang berpenduduk 3500 jiwa memiliki  warga yang memiliki hak pilih sekitar 2,8 ribu  jiwa.  Menurutnya, potensi pemuda  di desanya cukup besar. Karena itu, Kang Nana  diharapkan bisa lebih dekat dengan kalangan milenial  misalnya dengan menggelar turnamen  bola voli Kang Nana Cup, agar sosok pengusaha asal Talaga yang lama menetap di Singapura  tersebut lebih dikenal dan dekat dengan kaum milinial.

BACA JUGA:Atraksi Debus dan Silat Pukau Warga Lengkong Kulon

“Kalau Kang Nana ingin bisa meraih suara pada Pemilukada nanti, maka harus sering turun ke masyarakat dan tidak hanya  duduk  dan diskusi diatas meja saja.  “Kalau ingin maju dan lolos dari jalur independent, jangkarnya harus kuat, Kang Nana harus lebih  merapat dengan rakyat terutama kaum milineal,” saran Oyo kepada wartawan koran ini.

Ia juga mengkritik soal baligho Kang Nana yang  sudah banyak tersebar  dan berpasangan dengan  istrinya. Menurutnya, banyak warga yang menduga gambar  wanita yang bersanding dengan Kang Nana di baligho itu adalah calon wakilnya. “Kami berharap agar Kang Nana bisa menggandeng wakilnya nanti dari utara Majalengka dan bisa mendorong  kegiatan anak muda yang positif agar kaum milineal  bisa  mendukung Kang Nana pada Pemilukada nanti,” saran Oyo kepada wartawan koran ini.

Sementara itu, seorang  ibu yang ikut kegiatan mancing bersama, Iwi Aswinah (53)  mengaku dan  gembira dapat mengikuti mancing bersama   yang dihadiri Kang Nana bersama tim BERKAH CENTER. Iwi mengaku  baru kenal dengan Kang Nana  langsung pada acara mancing bersama warga Gandawesi. Ibu tiga anak ini berharap bila Kang Nana  dipercaya memimpin Kabupaten Majalengka nanti,  semoga pembangunan dan kesejahteraan masyarakat  lebih meningkat lagi. “Sosok Kang Nana bila melihat sekilas  sosok  yang sederhana  dan bisa  berbaur dengan masyarakat, semoga saja  nanti bila dipercaya menjadi bupati  bisa amanah  dan membawa Majalengka terutama Desa  Gandawesi  lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.        

 Selain warga Desa Gandawesi  yang bisa ikut mancing, juga warga dari luar desa tidak dilarang untuk ikut mancing. Enjang Kosasih (60) warga Desa Palasah Kecamatan Kertajati  yang juga ikut berbaur bersama warga Desa Gandawesi menyemarakan rangkaian HUT ke -77 Kemerdekaan RI tersebut. Ia mengaku datang  dari  Desa Palasah kecamatan Kertajati karena ingin bertemu dan berdiskusi langsung dengan Kang Nana. Enjang mengaku tertarik dengan program dan visi misi kandidat Bupati Majalengka dari jalur independent tersebut. “Kami melihat visi misi dan program Kang Nana  dengan Majalengka BERKAH  sangat simple tapi  bagus dan  diharapkan bisa diterapkan bila terpilih nanti,” ujar pria  bertopi ini.

BACA JUGA:Aksi Unik Yonif 321 Galuh Taruna Gendong Anak sambil Kibarkan Merah Putih Berlari ke Atas Bukit

Ia mengharapkan Kang Nana bisa hadir dan bersilaturahmi dengan warga Desa Palasah Kecamatan Kertajati.

Sementara itu, Kang Nana  dihadapan warga Desa Gandawesi  menyatakan tekadnya untuk menjadi calon Bupati Majalengka  dari jalur independent. “Untuk bisa mencalonkan menjadi Bupati Majalengka dari jalur independent atau perseorangan dibutuhkan  sekitar 100 ribu foto copi KTP, karena itu kami mengharapkan dukungan sedekah KTP dari warga agar bisa mewujudkan Majalengka BERKAH,”   tandasnya.

BACA JUGA:Aksi Unik Yonif 321 Galuh Taruna Gendong Anak sambil Kibarkan Merah Putih Berlari ke Atas Bukit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: