Kongres IKAMAJA di Sulsel, Pilih Presiden

Kongres IKAMAJA di Sulsel, Pilih Presiden

Konger IKAMAJA di Sulsel, Pilih Presiden Ikamaja, foto Pai Supardi--

Radarmajalengka.com,MAJALENGKA-Kongres Ikatan Keluarga Alumni Magang Jepang (IKAMAJA) ke V, digelar di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Salah satu agendanya adalah pemilihan Presiden IKAMAJA.

Dua orang pemuda Kabupaten Majalengka ikut ambil bagian dalam kongres IKAMAJA tersebut, salah satunya adalah Enda Suhenda Wakil Ketua PABPDSI Kecamatan Rajagaluh, yang mengakui pemilihan Presiden IKAMAJA masih alot.

Kongres IKAMAJA ke V, di Kabupaten Maros sendiri dihadiri oleh utusan dari 24 Provinsi se Indonesia. Yang pelaksanaanya digelar sejak tanggal  25 hingga 27 Juni 2022, yang dibagi dalam beberapa sesi, diantaranya sesi pemilihan Presiden dan pembahasan program kerja serta pembahasan ADART dan lainya.

Melalui sambungan Video Call, Enda mengatakan, agenda kongres yang paling menyita perhatian dan menegangkan adalah saat memilih Presiden IKAMAJA  untuk masa bakti 2022 -2027. sebab tarik menarik dan serta manuver antara para pendukung dan tim sukses terlihat cukup ketat.

BACA JUGA:Gunung Cakrabuana di Perbatasan Majalengka, Garut dan Sumedang, Tempat Sakral

Para peserta kongres sendiri sebutnya, merupakan para pemuda yang sempat dikirim pemerintah daerah untuk bekerja atau magang di Jepang, diantaranya mendalami sejumlah teknologi ilmu pertanian dan lainya.

Dalam kegiatan itu tambah dia, akhirnya Perdi Saefullah dari utusan IKAMAJA Provinsi Banten, terpilih secara aklamasi  sebagai Presiden IKAMAJA, masa Bhakti 2022-2027.

“Kegiatan kongres sendiri memang sengaja digelar bertepatan pula dengan kegiatan PRA-PENAS (Pekan Nasional Petani Nelayan Indonesia) dan dihadiri oleh 5.300 orang petani nelayan, sebagai persiapan untuk PENAS KTNA 10-15 Juni 2023 di kota Padang Sumatera Barat,”jelasnya.

Lebih lanjut Enda yang juga sekretaris Kelompok Tani Nasional Andalan (KTNA) Kabupaten Majalengka itu menambahkan, rencananya dalam PENAS KTNA di Padang nanti akan dihadiri sebanyak  40.000 petani-nelayan seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Nama Asli Nyi Roro Kidul, Putri Kesayangan Prabu Siliwangi yang Berkuasa di Pantai Selatan

IKAMAJA sendiri tambah Enda merupakan salah satu organisasi yang sengaja dibentuk sebagai wadah berkumpulnya eks magang Jepang, yang memiliki komitmen dan konsen dalam membantu peningkatan mutu pertanian, serta pertumbuhan ekonomi mayarakat di Indeonesia diberbagai bidang.

Pola kerjanya kata Enda adalah dengan membantu para petani maupun pemerintan daerah dalam meningkatkan sektor pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan. Sekaligus transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Diharapkan dengan pola tersebut akan mampu membantu pemerintah, dalam mencapai tujuan utamanya yakni mensejahtrakan masyarakat.

“Organisasi kami ini sudah lahir sejak lama, sekitar tahun 90 han , berawal dari proses pertukaran pelajar serta pengiriman pegawai magang , baik dari Jepang ke Indonesia maupun sebalinya,”pungkasnya. (pai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: