Buah Dewandaru Yang Jarang Diketahui Namun Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Buah Dewandaru Yang Jarang Diketahui Namun Kaya Akan Manfaat Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat buah dewandaru bagi kesehatan tubuh -Bola.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Buah dewandaru atau ceri Surinam merupakan buah tropis dari keluarga myrtle (Myrtaceae). Pohonnya memiliki ketinggian mencapai 25 kaki dengan bunga berwarna putih. Buahnya kecil, lebarnya sekitar 2 hingga 4 sentimeter. Setiap buah memiliki tujuh atau delapan rusuk vertikal, sehingga akan tampak seperti labu kecil. Saat berkembang, warnanya berubah dari hijau menjadi oranye. Buah dewandaru memiliki antioksidan dan vitamin C. Berkat beberapa kandungan baik di atas, buah ini memiliki sifat antiseptik, antitumor, astringen dan antibakteri yang mampu mendukung kesehatan tubuh keseluruhan. Berikut deretan manfaatnya:

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah dewandaru diperkaya dengan senyawa penting yang dapat membantu membersihkan penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Meski dikonsumsi dalam jumlah banyak, buah tidak berkontribusi terhadap penambahan berat badan karena kandungan sedikit kalori.

BACA JUGA:Ingin Menaruh Tanaman Hias di Meja Kantor? Berikut Rekomendasinya

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah dewandaru mengandung antioksidan yang kaya akan vitamin esensial, yang penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini diperlukan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

3. Memberikan energi tambahan

Vitamin B kompleks yang ada dalam buah dewandaru memberikan energi yang dibutuhkan untuk fungsi organ tubuh. Vitamin tersebut bekerja dengan enzim tertentu dan mencegah defisiensi yang berhubungan dengan kekurangan vitamin B kompleks.

BACA JUGA:MANTAP! Budidaya Ikan Nila dengan Media Bioflok Sangat Menguntungkan

4. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Buah dewandaru bertindak sebagai astringen yang dapat mengeringkan sekresi. Artinya, kandungan tersebut digunakan dalam pengobatan diare dan penyakit pencernaan lainnya. Sifat antiseptik dan astringen buah pitanga akan membantu mengatasi gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara teratur.

BACA JUGA:Pemkab Majalengka Peringati Hari Otonomi Daerah ke-28

5. Memperbaiki fungsi paru-paru

Buah dewandaru memiliki sifat antiinflamasi, yang membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan paru-paru. Sifat tersebut dapat membantu mengurangi gejala pernapasan yang terkait dengan kondisi seperti asma atau bronkitis. Itulah manfaat dari buah dewandaru yang bisa kamu peroleh jika rutin mengonsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: