Menteri AHY,Apresiasi Kodim 0508 Depok Dalam Penanaman Bibit Bawang

Menteri AHY,Apresiasi Kodim 0508 Depok Dalam Penanaman Bibit Bawang

Istimewa_Kamis 6 Juni 2024 siang Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut tanam bawang.--

RADARMAJALENGKA.COM - Penanaman bibit bawang di Urban Farming Ketahanan Pangan Kota Depok, pada Kamis 6 Juni 2024 siang, mendapat apresiasi dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Bahkan dalam proses penanamannya bibit bawang, Mentri AHY ikut turun langsung dan ikut menanam.

“Saya bersyukur dan senang sekali walaupun tidak direncanakan sebelumnya, tetapi bisa secara langsung berkunjung ke salah satu proyek yang penting, ketahanan pangan yang dijalankan oleh jajaran Kodim 0508 Depok. Tentunya bekerja sama, bersinergi dengan berbagai instansi lainnya. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Pak Dandim, Kolonel Infantri Iman Widhiarto yang telah melakukan berbagai upaya berkontribusi pada ketahanan pangan, bukan hanya di Depok atau Jawa Barat, tapi tentunya ini akan berkontribusi secara nasional,” ucap Menteri AHY.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Komitmen Selesaikan Konflik Agraria

Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan bahwa ini adalah agenda dadakan yang baru diinfokan tadi pagi.

“Cerita sedikit ya, saya baru meninjau lapangan karena target saya selain tentunya menjalankan tugas-tugas di kementerian, di kantor, tapi juga lebih sering sebetulnya turun ke lapangan. Tadi melakukan kerja lapangan sekaligus meninjau pelaksanaan pemasangan patok dan pengukuran lahan, pengukuran tanah menggunakan GPS. Tentunya ini niatnya adalah bagaimana kita terus menata ruang wilayah di Indonesia, Jawa Barat, termasuk Depok agar masyarakatnya itu semua memiliki Sertipikat Hak Atas Tanah yang jelas, sehingga memiliki kekuatan hukum. Bapak/Ibu tahu banyak sekali permasalahan lahan karena tumpang tindih, baik antar warga maupun antara masyarakat dengan korporasi, bahkan dengan aset pemerintah,” ceritanya.

“Jadi ini sering terjadi di sana-sini. Oleh karena itu, semangat kita dari Bapak Presiden Joko Widodo, kebijakan Reforma Agraria, termasuk di antaranya bagaimana setiap masyarakat memiliki sertipikat. Kita sekarang punya Sertipikat Tanah Elektronik sebetulnya, yang lebih mudah, lebih aman, dan lebih menguntungkan secara ekonomi. Ini sesuatu yang harus terus kita jaga. Nah kemudian tadi Pak Dandim, karena ini sebetulnya dulu cukup sering berkomunikasi saat kita di Angkatan Darat, tanya ke saya, ada waktu tidak kalau mampir sebentar di urban farming?” sambung Menteri AHY.

BACA JUGA:Peringatan Hari Lingkungan Hidup, BPN Tanam Pohon

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa menurut Dandim 0508 Depok, hari ini akan menjadi hari pertama untuk penanaman bawang. “Saya bilang, Berapa jauh? Ternyata tidak terlalu jauh. Wah, InsyaaAllah saya akan datang dan tanpa direncanakan bisa hadir di sini, terima kasih sekali lagi, dan ternyata benar sudah siap,” beber Menteri AHY.

Menteri AHY juga menekankan pentingnya ketahanan pangan di masa depan, mengingat jumlah manusia juga semakin banyak. “Kalau kita berbicara manusia semakin banyak, sudah pasti butuh makan semakin banyak. Indonesia harus punya ketahanan pangan dan itu dimulai dari produktivitas pertanian. Siapa yang melakukan? Dia para petani di sektor agrikultur, termasuk bisnis harus semakin kuat untuk agribisnisnya tetapi yang dijalankan oleh TNI, Angkatan Darat hari ini luar biasa karena sebetulnya bukan tugas utamanya, tetapi demi Indonesia, demi rakyat, berjibaku untuk sama-sama membangun ketahanan pangan. Kan tugas tentara, tapi musuh kita bukan hanya musuh yang pakai senjata, tapi musuh kita juga soal kelaparan,” ujar AHY.

BACA JUGA:Menteri AHY:Pengukuran yang Maju Dan Modern,Bisa Mempermudah Dan Mempercepat Proses Pengukuran Tanah

“Kalau terjadi kekeringan tanah, tidak ada produk tani, banyak yang kelaparan, ada yang stunting, ada yang tidak bisa makan, itu juga jadi konflik, jadi masalah. Jadi itu juga tugas kita sebetulnya. Tugas kita semuanya. Jadi saya apresiasi sekali lagi, mudah-mudahan dengan pembangunan yang terus tumbuh, kita juga tetap bisa menjaga lingkungan. Jangan sampai tanah kita hanya untuk pembangunan fisik tetapi makin lama makin berkurang tanamannya ataupun pohon-pohonnya. Oleh karena itu, Bapak/Ibu sekalian, mari sama-sama kita jaga dengan baik. Terima kasih atas kehormatan yang diberikan kepada saya hari ini. Mudah-mudahan sukses urban farming-nya dan juga bisa menghadirkan nilai ekonomi yang baik untuk masyarakat, pengelola dan penggarap bersama-sama dengan jajaran Kodim,” pungkas Menteri AHY.

Menteri AHY dalam kesempatan ini mengenakan kemeja lengan pendek berwarna coklat, topi, serta sepatu boot saat melakukan penanaman bawang. Turut mendampingi Menteri AHY, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: