Wamen ATR/BPN Ossy Dermawan: Strakom Harus Informatif, Edukatif, Partisipatif, dan Transformasional

Wamen ATR/BPN Ossy Dermawan membuka Sosialisasi Strategi Komunikasi, Informasi Publik, dan Layanan Pengaduan yang diselenggarakan secara daring oleh Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol ATR/BPN, Senin (21/07/2025).-Dok-radarmajalengka.com
RADARMAJALENGKA.COM-Jakarta, 21 Juli 2025 – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Ossy Dermawan, menegaskan pentingnya membangun Strategi Komunikasi Publik (Strakom) yang tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga edukatif, partisipatif, dan transformasional.
Hal ini disampaikan saat membuka Sosialisasi Strategi Komunikasi, Informasi Publik, dan Layanan Pengaduan yang diselenggarakan secara daring oleh Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol ATR/BPN, Senin (21/07/2025). Kegiatan ini diikuti sekitar 1.000 peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari Pejabat Tinggi Pratama, Kepala Kanwil, hingga Kepala Kantor Pertanahan.
BACA JUGA:Eman Ajak Dena Hadiri Milad Ponpes Ar Rahmat
"Komunikasi publik kita harus membangun kepercayaan masyarakat. Tak cukup sekadar seremonial atau respons isu. Harus mengedukasi dan jadi jembatan antara negara dan rakyat," tegas Wamen Ossy.
Menurutnya, komunikasi publik ATR/BPN saat ini memiliki dua sisi. Meski daerah seperti Kanwil dan Kantah cukup aktif, namun masih terdapat tantangan integrasi strategi komunikasi yang kuat secara nasional. Ia menekankan perlunya pengelolaan persepsi publik yang efektif untuk menghadapi era banjir informasi.
Sekretaris Jenderal ATR/BPN, Pudji Prasetijanto Hadi, menambahkan bahwa komunikasi publik di daerah menjadi ujung tombak penyampaian informasi kementerian yang akurat dan tepat sasaran.
BACA JUGA:Inikah Sikap Bupati Majalengka, Eman Suherman Terkait Pemilihan Ketua APDESI
Kepala Biro Humas dan Protokol, Harison Mocodompis, menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi pedoman tak hanya bagi petugas humas, namun juga para pimpinan unit kerja di pusat dan daerah.
Paparan materi juga disampaikan oleh Bagas Agung Wibowo (Kabag Pemberitaan), Adhi Maskawan (Kabag Informasi Publik dan Pengaduan), dengan moderator Nur Adhani (Kasubbag Media Center).
Melalui kegiatan ini, Kementerian ATR/BPN berharap seluruh lini mampu menjalankan fungsi komunikasi publik secara konsisten, strategis, dan berkelanjutan, demi membangun narasi positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: